FOTO: Menari dengan 'Iblis' dalam Correfoc di Spanyol

, CNN Indonesia | Selasa, 23/01/2018 14:59 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Perayaan Correfoc di Spanyol berlangsung berupa tarian dengan 'iblis' di tengah kobaran kembang api yang menyala-nyala.

Di Palma de Mallorca, Spanyol, jelang akhir Januari menjadi momen bagi perayaan Correfocs. Perayaan tradisional ini bermakna api yang berkobar dan berlari ke berbagai arah. (REUTERS/Enrique Calvo)
Perayaan Correfocs dilakukan dengan mengenakan kostum. Para peserta mengenakan kostum berbentuk iblis yang melambangkan kejahatan. (REUTERS/Enrique Calvo)
'Iblis' tersebut berjalan-jalan di sepanjang rute perayaan, melewati para penonton, dan memutar-mutarkan tongkat berisi kembang api ke berbagai arah. (REUTERS/Enrique Calvo)
Kembang api yang berkobar dan menyala bukan sekadar pertunjukkan, melainkan sebuah simbol penyucian yang diyakini oleh masyarakat setempat. (REUTERS/Enrique Calvo)
Masyarakat setempat percaya, perayaan Correfocs bermula dari peperangan antara kejahatan yang diwakili bentuk Iblis dan kebaikan. (AFP PHOTO / JAIME REINA)
Correfocs terbilang baru bagi masyarakat Catalunya, Spanyol. Perayaan ini amat populer pada dekade 80-90an. (AFP PHOTO / JAIME REINA)
Perayaan Correfocs juga diyakini muncul sebagai aksi spontaniatas para penonton dan peserta festival tradisional Ball de Diables atau 'Tarian Iblis'. (AFP PHOTO / JAIME REINA)
Ball de Diables awalnya sebuah pertunjukkan teatrikan jalanan yang menggambarkan pertarungan kebaikan melawan kejahatan. (AFP PHOTO / JAIME REINA)
Namun, di abad pertengahan, Gereja Katolik Spanyol mengadopsi pertunjukkan tersebut dan diselipkan dalam kegiatan keagamaan. (AFP PHOTO / JAIME REINA)
Dan ketika usai kematian pemimpin Spanyol yang diktator, Jenderal Franco, kegiatan budaya ini semakin berkembang sebagai bentuk perayaan dan liburan bagi masyarakat. (REUTERS/Enrique Calvo)