Penantian 90 Tahun Minnie Mouse untuk Bintang Hollywood

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Selasa, 23/01/2018 10:00 WIB
Penantian 90 Tahun Minnie Mouse untuk Bintang Hollywood Minnie Mouse mendapatkan bintang di Hollywood Walk of Fame setelah 90 tahun. (REUTERS/Mario Anzuoni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penantian panjang Minnie Mouse pun berakhir. Ia akhirnya mendapat bintang di Hollywood Walk of Fame. Pasangan Mickey Mouse dalam kartun Disney itu sudah menunggu 90 tahun.

Seperti diberitakan Reuters, Minnie pertama muncul dalam film pada 1928. Judulnya Steamboat Willie. Namun Minnie harus gigit jari saat lawan mainnya, Mickey lebih dahulu mendapat bintang di Hollywood Boulevard 50 tahun kemudian, tepatnya pada 1978.

Upacara pemberian bintang di Hollywood Walk of Fame sendiri baru ada pada 1960. Bintang pertama diberikan pada aktris Joanne Woodward sebagai pemenang Academy Awards.



Sementara Mickey sudah mendapatkan bintangnya setelah menunggu 50 tahun, Minnie butuh 40 tahun lagi sampai akhirnya namanya tercetak di jalanan Hollywood Boulevard pada Senin (22/1) kemarin. Selama 90 tahun itu, Minnie sudah tampil di lebih dari 70 film animasi.

Bos Walt Disney, Bob Iger sendiri yang memberi sambutan untuk Minnie.

“Dalam dunia fesyen Hollywood yang sesungguhnya, dia memberikan penampilan yang patut diingat, tapi Mickey yang diakui atas semuanya. Setelah 90 tahun di bisnis pertunjukan, ini waktunya kau mendapatkan bintangmu,” tutur Iger, seperti dikutip Reuters.


Sosok dengan kostum Minnie pun tampak bahagia menyambut bintangnya.

“Ini hari terbaik yang pernah ada. Terima kasih, terima kasih, terima kasih,” katanya, yang mengenakan busana khas Minnie: gaun merah dan polkadot putih, lengkap dengan pitanya.

Bintang yang mengukir nama Minnie adalah yang ke-2.627 di Hollywood Walk of Fame.

Penganugerahan bintang bagi Minnie itu dihadiri penyanyi Katy Perry, yang juga mengenakan gaun merah dengan polkadot putih seperti si tokoh kartun. Bedanya, ia tak berpita. Perry justru mengenakan topi lebar yang berwarna dan motif senada dengan gaunnya.

Minnie Mouse bersama Katy Perry.Minnie Mouse bersama Katy Perry. (REUTERS/Mario Anzuoni)
Sang penyanyi Firework menyebutkan, ia sudah menjadi penggemar Minnie sejak usia dua atau tiga tahun. Ia bahkan masih ingat dirinya punya popok bergambar Minnie dan Mickey.

“Tidak ada seorang pun yang bisa memakai pita dan warna merah seperti dia,” katanya.

Diberikannya bintang Hollywood pada Minnie seakan menjawab kampanye wanita di Hollywood yang meminta kesetaraan gender, termasuk soal bayaran dan penghargaan, di depan maupun belakang kamera. Minnie sendiri baru dinominasikan oleh Disney kepada Hollywood Chamber of Commerce—lembaga yang memilih siapa saja yang akan diberi bintang Hollywood—tahun lalu.


“Dia [Mickey] lebih populer zaman itu,” kata Ana Martinez, produser Walk of Fame.

Sebelum Minnie, tokoh animasi Disney lain yang sudah mendapat bintang Hollywood termasuk Donald Duck, Tinker Bell, dan Snow White. Kini Minnie mendapat gilirannya sendiri. (rsa)