Fan Jonghyun 'SHINee' Indonesia Kirim Donasi untuk Palestina

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Rabu, 24/01/2018 17:35 WIB
Tak lama sejak kematian Jonghyun 'SHINee,' penggemarnya di Indonesia menggalang dana. Menyambut peluncuran album Jonghyun, donasi Rp466 juta akan disalurkan. Penggemar Jonghyun di Indonesia mengumpulkan dana menyambut rilisnya album sang idola. (Screenshot via Instagram/@jonghyun.948)
Jakarta, CNN Indonesia -- Album solo personel SHINee Jonghyun resmi dirilis label SM Entertainment Senin (22/1) kemarin, satu bulan setelah kematiannya. Seluruh keuntungan penjualan album berjudul Poet Artist itu akan diberikan kepada ibunda Jonghyun dan organisasi sosial yang membutuhkan.

Shawol—sebutan fans SHINee—di Indonesia punya cara khusus menyambut album baru sang idola. Sejak 20 Desember 2017, dua hari setelah Jonghyun meninggal, mereka menggalang dana.




Kini, menurut siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com, Rabu (24/1) Wina Andana Putri, inisiator galang dana “From Jonghyun To Indonesia and Palestine” menyatakan siap menyalurkan donasi yang terkumpul. Aksi itu didukung lebih dari 5.100 donatur.

Dana yang terkumpul mencapai Rp466 juta.


Shawol Indonesia sepakat menyalurkan hasil donasi tersebut untuk masyarakat Palestina melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan beberapa lembaga sosial lain, diantaranya Adam Fabumi Foundation, Jakarta Animal Aid Network (JAAN), Gerkatin Kepemudaan (Organisasi Tuli), Insan Bumi Mandiri, dan yayasan konseling untuk kesehatan jiwa.

Penyaluran donasi akan dilakukan pada awal Februari mendatang.

Wina menyatakan, donasi itu merupakan bukti rasa cinta Shawol Indonesia kepada sosok idola yang wafat pada 18 Desember silam itu. Bentuk cinta mereka diusahakan berdampak positif.


"Kurang dari 24 jam setelah penggalangan dana ini diluncurkan, lebih dari 1.000 orang ikut donasi dan berhasil mengumpulkan Rp80 juta lebih," kata Wina.

Ia pun mengapresiasi antusiasme Shawol yang sangat tinggi. Awalnya, donasi galang dana itu ditargetkan hanya mencapai Rp5 juta. Namun ternyata hasilnya jauh melebihi ekspektasi. Menurutnya, itu tidak akan berhasil tanpa solidaritas dan kekompakan Kpopers di Indonesia.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Kpopers, khususnya akun-akun resmi Kpopers di Indonesia yang ikut mendukung dan menyebarkan penggalangan dana ini," ujarnya.


Jonghyun meninggal dunia di sebuah apartemen yang ia sewa. Vokalis utama SHINee itu sempat dilarikan ke rumah sakit tapi nyawanya tak tertolong. Ia disebut-sebut mengalami depresi. (rsa)