Reza Rahadian Ziarah Makam Benyamin sebagai Bentuk Hormat

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Jumat, 26/01/2018 17:54 WIB
Reza Rahadian Ziarah Makam Benyamin sebagai Bentuk Hormat Reza Rahadian menyempatkan diri untuk berziarah ke makam seniman legendaris Benyamin Sueb sebagai bentuk penghormatan. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Usai merampungkan proses syuting film Biang Kerok, aktor Reza Rahadian menyempatkan diri untuk berziarah ke makam seniman legendaris Benyamin Sueb. Menurutnya, itu merupakan bentuk penghormatan.

"Film baru selesai syuting dua hari lalu dan akan tayang 1 Maret, ini untuk menghormati Babeh saja dan bertemu keluarga. Silaturahmi dengan mereka," katanya saat ditemui di Taman Pemakaman Umum Karet Bivak, Jakarta, Jumat (26/1).

Reza lantas bersyukur bahwa dirinya yang tumbuh dengan karya-karya Benyamin mendapat kesempatan untuk memerankan sosok seniman Betawi tersebut.



"Saya rasa semua orang yang kenal beliau, tumbuh dengan karyanya. Dan saya enggak pernah terbayang bisa ziarah, bertemu anaknya, bisa memerankan. Jadi ini sesuatu yang membuat merindinglah prosesnya," ungkap aktor berusia 30 tahun itu.

Lebih lanjut, Reza pun menuturkan pendapatnya terkait sosok Benyamin. Baginya, seniman yang telah wafat 22 tahun lalu itu bukan hanya tokoh bagi dunia hiburan, tapi juga untuk budaya Betawi.

"Dia bukan hanya pelawak, tapi seniman dan budayawan. Tidak hanya berkutat di dunia aktornya, tapi juga budaya. Kita sama-sama tahu, era beliau itu dengan lagu-lagu keroncong. Almarhum Benyamin adalah orang yang berani mempopulerkan keroncong yang pada masa itu dianggap kurang populer," katanya.


Reza turut mengungkapkan bahwa selama berziarah dia melantunkan doa agar mendiang Benyamin diberi tempat yang istimewa dan senang dengan hasil dari film Biang Kerok.

"Saya yakin beliau bisa lihat prosesnya. Saya harap dengan senang hati melihat hasil karyanya kembali digaungkan," harapnya.

Untuk memerankan ulang karakter Pengki yang sebelumnya diperankan Benyamin pada 1972, Reza menyatakan melakukan observasi selama satu bulan. Dia turut menonton film-film terdahulunya hingga bertukar pikiran dengan aktris senior Christine Hakim yang pernah beradu akting langsung dengan Benyamin.

"Karena ini bukan biopik, jadi saya bisa lebih berkreasi. Banyak hal khas yang saya ambil dari Babeh, ketawanya. Lihat film Biang Kerok, terus dari cerita bu Christine," tutur Reza.


Selain berakting, nantinya Reza akan memamerkan bakatnya bernyanyi dengan membawakan lagu-lagu hit milik Benyamin di film. Dia mengungkapkan akan menyanyikan delapan buah lagu.

Biang Kerok sendiri merupakan film garapan sutradara Hanung Bramantyo yang diadaptasi dari film berjudul serupa arahan Nawi Ismail pada 1972. Kala itu film ini dibintangi Benyamin bersama Ida Royani.

Selain Reza Rahadian, film versi baru Benyamin: Biang Kerok juga akan menghadirkan penampilan Meriam Belina, Rano Karno, Adjis Doa Ibu, Aci Resti dan Delia.

Film ini dijadwalkan rilis 1 Maret mendatang.

[Gambas:Youtube] (res)