Raih Nominasi Grammy Terbanyak, Jay-Z Pulang Tangan Hampa

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Senin, 29/01/2018 12:18 WIB
Raih Nominasi Grammy Terbanyak, Jay-Z Pulang Tangan Hampa Jay-Z menjadi musisi dengan nominasi terbanyak di Grammy Awards 2018, namun ia justru pulang dengan tangan hampa. (REUTERS/Andrew Kelly)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rapper Jay-Z pulang dengan tangan hampa usai menghadiri penghargaan musik Grammy Awards 2018, Minggu (28/1) malam waktu New York. Ia tak menerima satu penghargaan pun walau mendapat banyak nominasi.

Jay-Z menjadi musisi yang paling banyak mendapat nominasi di delapan kategori, yaitu kategori rekaman terbaik, album terbaik, lagu terbaik, penampilan rap terbaik, kolaborasi penampilan rap/sung terbaik, lagu rap terbaik, album rap terbaik dan musik video terbaik.

Suami Beyonce itu harus rela kalah dari Bruno Mars yang mendapat penghargaan untuk kategori rekaman terbaik, album terbaik dan lagu terbaik.



Ia juga kalah dari Kendrick Lamar yang mendapat penghargaan untuk kategori penampilan rap terbaik, kolaborasi penampilan rap/sung terbaik, lagu rap terbaik, album rap terbaik dan musik video terbaik.

Satu hari sebelum Grammy, Jay-Z menggelar pesta Roc Nation, label rekaman yang ia miliki.

Acara Jay-Z itu digelar di One World Observatory di puncak gedung World Trade Center (WTC), Amerika Serikat, untuk menyambut ajang penghargaan musik Grammy Awards 2018 yang digelar di New York.

Perhelatan Grammy tahun ini menjadi nominasi terbanyak Jay-Z dengan delapan nominasi. Ia masuk berkat album 4:44 yang dirilis Juni 2017 lalu.

Jay-Z sudah menjadi nomine dan mendapat penghargaan Grammy sejak tahun 1999. Kala itu ia mendapat tiga kategori dan berhasil meraih penghargaan album rap terbaik lewat Vol. 2... Hard Knock Life.

[Gambas:Youtube]

Dari 2001 sampai 2003 Jay-Z sama sekali tak mendapat penghargaan Grammy. Ia kembali mendapat penghargaan lagu R&B terbaik dan kolaborasi penampilan rap/sung terbaik pada 2004.

Kemudian pada 2005, Jay-Z mendapatkan penghargaan penampilan solo rap terbaik dan pada 2006 mendapat penghargaan penampilan rap/sung terbaik.

Jay-Z diketahui tergolong musisi yang rajin mendapatkan nominasi Grammy Awards. Hanya pada 2007, 2017, dan tahun ini ia tidak mendapat penghargaan walau dinominasikan, serta pada 2016 ia tidak mendapat nominasi sama sekali.

Selama berkarier di bidang musik, Jay-Z sudah mendapat 74 nominasi Grammy dengan membawa pulang 21 penghargaan. Jumlah itu terbilang cukup banyak bagi Jay-Z yang sudah berkecimpung di dunia musik sejak tahun 1986. (end)