BTS Sebut Lanjutan 'Love Yourself' Usung Tema Kebahagiaan

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Selasa, 30/01/2018 03:48 WIB
BTS memilih kebahagiaan sebagai gagasan utama yang akan diusung dalam proyek album selanjutnya, setelah album mini 'Love Yourself: Her.' BTS memilih kebahagiaan sebagai gagasan utama yang akan diusung dalam proyek album selanjutnya. (Courtesy of Big Hit Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berselang empat bulan dari peluncuran album mini Love Yourself: Her, BTS kini telah mulai menggarap proyek album selanjutnya.

Meski masih dalam tahap perencanaan, salah satu personel BTS, Suga, sudah membocorkan gagasan utama yang akan diusung dalam proyek tersebut.

"Sejauh ini, kami hanya memiliki gagasan luas, jadi kami belum dapat memastikan [konsep itu],” ujar Suga kepada Yonhap News.



“Tapi konsep yang kami bahas selama tur tahun lalu adalah kebahagiaan. Apa itu kebahagiaan, lebih tepatnya, dan apa yang perlu kita lakukan agar bisa bahagia," imbuhnya.

Suga mengaku percaya bahwa kebahagiaan tidak mungkin dapat diraih hanya dengan mencoba bahagia.

"Saya juga berpikir bahwa kita masih harus berusaha untuk menjadi lebih bahagia. Ini adalah sesuatu yang perlu kita pelajari dan coba cari tahu," katanya.

"Sejak kecil, saya menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan apa sebenarnya kebahagiaan itu dan apa yang perlu Anda lakukan untuk mencapainya. Kurasa tidak ada yang pernah mengajarimu itu. Saya pikir jika kita memulai pembicaraan, banyak orang akan tertarik untuk mendiskusikannya," imbuhnya.


RM juga tertarik dengan ide tentang kebahagiaan menjadi tema rangkaian album selanjutnya.RM juga tertarik dengan ide tentang kebahagiaan menjadi tema rangkaian album selanjutnya. (BigHit Entertainment)
Di sisi lain, RM (yang sebelumnya dikenal dengan nama Rap Monster) mengaku tertarik dengan ide tentang kebahagiaan menjadi tema rangkaian Love Yourself selanjutnya.

"Saya juga terpaku pada gagasan kebahagiaan sampai awal tahun lalu," ujarnya.

"Namun, dalam perjalanan baru-baru ini ke Jepang, saya membaca sebuah kolom surat kabar yang mengatakan bahwa manusia tidak dapat mencapai kebahagiaan yang mereka inginkan. Dikatakan bahwa begitu kita mencapai satu tujuan, akhirnya kita mengembangkan tujuan pada sesuatu yang lain."

RM lantas mengatakan bahwa apa yang ia baca mencerminkan dengan pengalaman pribadinya sendiri.

"Kami juga berpikir jika kami memenangkan posisi pertama, kami akan bahagia. Tapi setelahnya, selalu ada tujuan lain yang harus diupayakan," ucapnya.


Ia pun mengungkapkan, nantinya tema di album baru BTS bukan hanya soal kebahagiaan.

"Saya ingin mencari kesimpulan dari tema Love Yourself kami saat ini. Impian saya bukan untuk memenangkan posisi pertama di tangga musik Billboard, tapi justru mencintai diri saya dengan baik. Saya ingin mengambil langkah menuju menemukan cara untuk mencintai diri saya lebih jauh," kata RM lebih lanjut.

Pentolan BTS itu pun turut mengisyaratkan bahwa album berikutnya mungkin memiliki nuansa yang lebih gelap daripada sebelumnya.

"Saya pikir ada banyak hal yang harus dikatakan tentang subjek [mencintai diri sendiri], termasuk eksplorasi terhadap kegelapan dan kesepian," ungkapnya.

Love Yourself merupakan seri lanjutan dari karya-karya BTS sebelumnya, yakni trilogi School, rangkaian The Most Beautiful Moment in Life, Wings, dan You Never Walk Alone. Seri pertama Love Yourself diberi tajuk Her dan dirilis September tahun lalu.

[Gambas:Video CNN]

(res)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK