'Film Favorit', Lagu Baru Sheila On 7 yang Kaya tapi Klise

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Selasa, 30/01/2018 16:10 WIB
'Film Favorit', Lagu Baru Sheila On 7 yang Kaya tapi Klise Sheila On 7 resmi merilis single 'Film Favoritmu' yang jadi langkah pertama sebagai band indie. SO7 menawarkan lagu yang kaya dengan lirik klise. (CNN Indonesia/Dhio Faiz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sheila On 7 (SO7) mengawali tahun 2018 dengan merilis single bertajuk Film Favorit. Lagu itu merupakan karya terbaru SO7 setelah merilis album Musim Yang Baik pada 2014 lalu.

Masih mengusung tema cinta, lagu yang ditulis Eros Chandra itu menceritakan perjuangan seorang memenangkan hati orang yang disukai. Eros terinspirasi dari kisah temannya yang tak kunjung memiliki pasangan hidup.

Sementara, frasa Film Favorit dipilih menjadi untuk merepresentasikan aksi heroik yang menurut Eros hanya terjadi di film. The Pursuit of Happiness adalah salah satu film yang menginspirasi Eros menulis lagu ini.



Lagu Film Favorit yang sudah rilis di platform digital seperti Spotify ini terdengar berbeda dengan lagu-lagu karya SO7 sebelumnya.

Suara gitar elektrik khas Eros tak lagi dominan dalam lagu berdurasi kurang dari empat menit ini. Suara gitar akustik yang samar terdengar lebih banyak ketimbang suara gitar elektrik.

Peran suara gitar khas Eros digantikan suara drum dan piano yang sangat dominan. Hentakan drum yang terdengar pada awal lagu dan suara piano yang menyusul membuat musik lagu ini terasa kaya dan megah. Apalagi ditambah gesekan suara biola ditengah lagu.

Namun musik yang terdengar kaya itu dirasa tak didukung lirik yang tepat. Lirik Film Favorit terasa klise seperti pada penggalan "seperti aku yang tak pernah berhenti, mencari celah menaklukkan hati."


Lagu ini menjadi penanda SO7 merilis lagu secara independen dibawah label mereka sendiri yang bernama 507 Records. Hampir 20 tahun sebelumnya band asal Yogyakarta ini selalu bernaung dibawah label mayor.

“Ini salah satu langkah besar yang konkret dari Sheila On 7 untuk menjadi band indie,” kata bassis SO7, Adam Muhammad Subarkah, dikutip dari laman resmi mereka.

Selain itu, untuk pertama kali SO7 melibatkan music director dalam menggarap lagu. Tomo Widayat dan Tama Wicitra dari Tom & Tam Music Production adalah orang yang dipercaya mengawal lagu yang digarap sejak pertengahan 2017.

[Gambas:Video CNN]

S07 berharap Film Favorit bisa menjadi lagu favorit penggemar SO7, Sheila Gank, baik yang baru atau lama. Terlebih, lagu itu sudah beberapa kali mereka bawakan pada 2017 sebelum resmi dirilis.

Film Favorit resmi dirilis Senin (29/1) kemarin di semua layanan digital. Sampai saat ini lagu itu sudah didengarkan sebanyak 39.010 kali di Spotify. (end)