Ed Sheeran Berencana Tinggalkan Musik Pop

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Selasa, 13/02/2018 16:31 WIB
Ed Sheeran Berencana Tinggalkan Musik Pop Ed Sheeran sudah merencanakan album baru. (REUTERS/Lucy Nicholson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lagu Perfect masih diputar di mana-mana, album Divide pun belum selesai promosi. Namun Ed Sheeran, penyanyi di balik semua itu, sudah mulai menyiapkan album baru.

Namun album barunya itu akan berbeda. Sheeran bahkan mengaku melalui podcast-nya, bahwa ia tidak akan kembali berkecimpung di musik pop yang selama ini mengantarkannya ke sukses.

Sheeran menuturkan ia ingin merilis sesuatu yang lebih personal. Ia bahkan tidak peduli meski albumnya nanti tidak terjual banyak, seperti karya-karyanya selama ini.



Pelantun Photograph itu mencoba bersiap untuk tak selalu berada di atas.

"Saya merasa berbahaya jika puya karier yang terus besar, besar dan besar dan besar dan semuanya terjadi, karena di satu titik itu pasti akan jatuh," ujarnya mengungkapkan.

"Rekaman selanjutnya yang saya bikin bukan album pop," ia melanjutkan.


Alasannya, ia kembali menuturkan, karena semua orang berekspektasi hal yang sama darinya.

"Orang-orang akan berekspektasi kau hadir kembali dan album selanjutnya 'itu pasti lebih besar dari Shape of You dan terjual lebih dari ini.' Tapi jika saya bisa mengontrolnya dan bilang, 'Ini rekaman lo-fi yang saya sangat suka.' Penggemar saya akan senang, 'Yay!'"

Dunia musik pop, katanya, mungkin akan kehilangan. Tapi itu hanya sejenak.

"Dunia pop mungkin akan, 'Oh baiklah, mungkin [album] selanjutnya," kata Sheeran.

[Gambas:Youtube]

Jika album barunya yang berbeda itu nanti hanya terjual satu atau dua juta, bahkan 500 ribu kopi, menurutnya itu bukan sebuah kegagalan. Sheeran hanya mencoba melakukan hal yang ia sukai, dan tidak berharap itu akan terjual laris karena tak mengikuti selera pasar.

"Label membenci itu. Label sangat membenci itu. Mereka ingin album pop yang besar lagi, tapi saya pikir itu akan berbahaya," ia menegaskan. Sheeran ingin ada variasi di musiknya.

Ia mengaku ingin meniru Coldplay saat mereka merilis Ghost Stories di tengah kesuksesannya. Menurutnya, itu sebuah momen artistik dari Coldplay.

Sheeran sendiri sudah mulai mengeksplor musik sejak ia berduet dengan Taylor Swift dalam lagu End Game. Alih-alih memamerkan suara bernada lembut, Sheeran justru nge-rap. Mengutip NME, beberapa lagu Sheeran sebelumnya juga pernah bernuansa rap.

[Gambas:Youtube] (rsa)