FOTO: Pesta di Tengah Rio de Janiero yang Mencekam

Reuters, CNN Indonesia | Rabu, 14/02/2018 17:08 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Warga Rio de Janiero tetap merayakan karnaval tahunan yang jadi 'pesta terbesar di dunia' meski insiden kekerasan di kota itu terus meningkat.

Wanita cantik dengan beragam kostum memukau tetap memeriahkan karnaval tahunan yang diselenggarakan di Rio de Janiero, 11 Februari lalu. (REUTERS/Ricardo Moraes)
Sebanyak 6 juta orang, 1,5 juta di antaranya merupakan turis, diprediksi memenuhi sudut-sudut kota Rio de Janiero, Brasil, untuk memeriahkan karnaval tahunan tersebut. (REUTERS/Pilar Olivares)
Beragam tarian khas Brasil, seperti tari Samba, dengan penampilan menarik menjadi sajian utama yang menyedot perhatian turis. (REUTERS/Pilar Olivares)
Belum lagi dengan beragam atraksi yang sudah disiapkan penampil yang melibatkan beragam komunitas dan sekolah kesenian di kota terbesar di Brasil itu. (REUTERS/Ricardo Moraes)
Padahal, Rio de Janiero tengah berada dalam suasana mencekam mengingat angka kekerasan terus meningkat. (REUTERS/Ricardo Moraes)
Perburuan terhadap bandar narkotika sejak 2008 dan krisis ekonomi yang melanda Brasil mendorong berbagai insiden kekerasan di berbagai daerah di negara itu, terutama Rio de Janiero. (REUTERS/Ricardo Moraes)
Laporan kepolisian setempat menyebutkan rata-rata terjadi 22 penembakan setiap harinya pada Januari 2018. Angka ini meningkat 16 insiden pada tahun lalu. (REUTERS/Pilar Olivares)
Beberapa hari sebelum karnaval tahunan Rio de Janiero, seorang anak perempuan berusia tiga tahun tewas dalam kejadian perampokan dan anak laki-laki 13 tahun terbunuh setelah terjebak dalam baku tembak antara polisi dengan bandar. (REUTERS/Ricardo Moraes)
Walikota Rio de Janiero, Marcelo Crivella mengatakan pada pembukaan karnaval, hati penduduk kota tersebut terkoyak akibat banyaknya kejadian kekerasan yang terus terjadi. (REUTERS/Ricardo Moraes)
Namun Crivella menyebut bahwa momen karnaval ini adalah momen kebangkitan, harapan masyarakat Rio de Janiero untuk masa depan yang lebih baik dan penuh kebahagiaan, seperti ketika berpesta. (REUTERS/Pilar Olivares)
Ketegangan dan suasa semakin mencekam setelah pemerintah lokal memutuskan menambah pasukan kepolisian dengan 17 ribu pasukan. (REUTERS/Sergio Moraes)
Bukan hanya masalah kekerasan, Brasil juga menghadapi masalah lonjakan penderita penyakit kuning yang disebarkan oleh nyamuk tropis dengan 98 kematian dan 353 kasus sejak Juli 2017. (REUTERS/Ricardo Moraes)