Reza Rahadian Jawab Soal Kritik 'Reza Lagi Reza Lagi'

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Kamis, 15/02/2018 09:13 WIB
Reza Rahadian Jawab Soal Kritik 'Reza Lagi Reza Lagi' Reza Rahadian kerap dianggap mendominasi film di Indonesia. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktor Reza Rahadian kerap dianggap mendominasi dunia perfilman di Indonesia. Bahkan sempat timbul ungkapan 'Reza lagi Reza lagi' setiap namanya ditetapkan sebagai salah satu pemain dalam sebuah film baru.

Menanggapi omongan itu, Reza memiliki pembelaan sendiri. Menurutnya, pada 2017 ia hanya bermain di empat dari 119 film Indonesia yang tayang.

Pandangan itu diungkapkan Reza saat bertandang ke kantor CNNIndonesia.com pada Selasa (13/2) untuk mempromosikan film terbarunya, Benyamin: Biang Kerok.



"Saya enggak mengerti hal itu datang dari mana, karena sekarang banyak aktor di Indonesia, dan saya bicara fakta dan data. Ketika orang bilang 'Reza lagi, Reza lagi', mungkin karena orang yang ngomong serajin itu nonton film saya," ujar Reza.

Dia pun menambahkan, "Karena logikanya, kalau dia menonton film Indonesia yang lain, pasti melihat kenyataan 'Oh iya dari 10 film di box office, yang ada Reza-nya hanya satu film, yaitu Surga yang Tak Dirindukan 2. Dan itu hanya sebagai pendukung, bukan aktor utama."

Reza pun mengaku tak ambil pusing dengan omongan itu dan hanya menganggapnya sebagai sebuah gurauan.


"Film Indonesia enggak tentang saya, enggak cuma Reza Rahadian saja. Jadi saya enggak menanggapi serius dan jadi pikiran, karena saya tahu faktanya enggak begitu, ya saya cuma haha hihi, seperti bercandaan saja," ujarnya.

Aktor berusia 30 tahun itu lantas membeberkan bahwa sesungguhnya regenerasi aktor di Indonesia sudah berjalan baik. Itu dapat dilihat dari kemunculan sejumlah aktor muda berbakat yang belakangan menghiasi layar lebar.

"Saya akan sebutkan yang berbakat. Ada Adipati Dolken, Jefri Nichol, itu angkatan mudanya ya, lalu ada Iqbaal dengan Dilan yang luar biasa. Saya suka filmnya dan buat saya sangat relatable. Jadi hari ini kelihatan berjalan, banyak aktor muda ini sedang on point, pushing their limits," katanya.

Reza Rahadian menganggap regenerasi aktor di Indonesia saat ini sudah baik.Reza Rahadian menganggap regenerasi aktor di Indonesia saat ini sudah baik. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Kepada para aktor muda berbakat yang tengah bersemangat dalam berkarya, Reza yang telah berkarier selama 12 tahun itu pun memiliki beberapa catatan dan pesan khusus.

"Ketika Anda aktor muda berbakat, harus tahu bagaimana mengatur supaya terus berjalan dengan cari peran tepat, lalu memilih peran yang membuat Anda terus berada dalam range yang berbeda, itu juga penting. Aktor kan tidak mungkin perannya sama terus, itu membosankan," ujar peraih Piala Citra itu.

Reza juga mengaku ingin memiliki kesempatan khusus untuk berbagi pengalaman. Keinginannya untuk berbagi ilmu bagaimana mendalami keaktoran itu ingin ia lakukan bersama aktris kawakan Christine Hakim.


Meski demikian, dia menampik bahwa itu ingin dilakukannya karena merasa sudah lebih baik atau lebih senior.

"Saya akan berbagi yang dibutuhkan menjadi aktor. Tidak, saya tidak merasa saya aktor bagus, tapi saya tahu apa yang bisa dibagi dengan pengalaman yang saya punya. Itu yang penting. Dan sekarang sudah berjalan regenerasinya, saya senang," tutur bintang film Habibie & Ainun itu.

Mengakhiri opininya, Reza mengatakan, "Nama-nama [generasi penerus] sudah saya sebutkan. Kalau yang perempuan saya punya nama Sekar Sari, Putri Marino, sangat berharap Delia juga lewat film ini [Benyamin: Biang Kerok] bisa menunjukan bakatnya, lalu Vanesha Prescilla. Jadi banyak sekali, enggak cowok, enggak cewek. Tinggal konsistensi saja."

[Gambas:Video CNN] (res)