FOTO: Aksi Perpustakaan Yunani Pindah ke 'Abad 21'

AFP, Reuters, CNN Indonesia | Sabtu, 24/02/2018 13:15 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Lebih dari 100 tahun, Perpustakaan Nasional Yunani menempati sebuah bangunan di tengah Athena. Kini, perpustakaan 185 tahun itu pindah ke bangunan era modern.

Lebih dari 100 tahun, Perpustakaan Nasional Yunani menempati sebuah bangunan di tengah kota Athena. Kini, perpustakaan 185 tahun itu pindah ke bangunan era modern abad ke-21. Para karyawan dibantu pekerja pun berbenah membereskan koleksi. (AFP/Louisa Gouliamaki)
Perpustakaan Nasional Yunani sejak 1903 menempati bangunan neoklasik Vallianeio di tengah kota Athena. Namun bangunan tersebut tak sanggup lagi bisa menampung lebih dari 700 ribu koleksi. (AFP/Louisa Gouliamaki)
Koleksi yang begitu banyak, mulai dari koleksi berusia lebih dari 1.200 tahun, koleksi musik era Bizantium, abad ke-19, hingga modern membutuhkan penanganan serius. (AFP/Louisa Gouliamaki)
Para pekerja dan karyawan Perpustakaan Nasional Yunani membutuhkan setidaknya dua tahun untuk membersihkan, mengemas, dan memindahkan koleksi ke gedung baru. (AFP/Louisa Gouliamaki)
Gedung baru nanti terletak di The Stavros Niarchos Foundartion Cultural Center dan dibangun dengan biaya hampir US$735 juta. (AFP/Louisa Gouliamaki)
Gedung perpustakaan yang baru bakal seluas 20 hektar dengan desain modern dan dilengkapi sebuah teater opera. Gedung baru pun mampu menampung empat kali lipat pengunjung Perpustakaan Nasional yang tercatat didatangi 20 ribu pengunjung setiap tahunnya. (AFP/Louisa Gouliamaki)
Pun gedung baru nanti yang berdesain 'kekinian' mampu memfasilitasi digitalisasi literasi yang selama ini terhambat di gedung lama. (AFP/Louisa Gouliamaki)
Meski para karyawan mengetahui bahwa perpindahan tempat Perpustakaan Nasional dapat berdampak positif, mereka mengakui kadung cinta dengan lokasi lama sehingga terasa berat meninggalkannya. Gedung lama direncanakan akan dibuat pusat kebudayaan milik Perpustakaan Nasional Yunani. (AFP/Louisa Gouliamaki)