Aktor Cho Jae Hyun Akui Telah Lakukan Pelecehan Seksual

Resty Armenia, CNN Indonesia | Senin, 26/02/2018 14:16 WIB
Aktor Cho Jae Hyun Akui Telah Lakukan Pelecehan Seksual Aktor Cho Jae Hyun mengakui semua tuduhan pelecehan seksual yang ditujukan kepadanya. (Courtesy of Youtube tvN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktor Cho Jae Hyun mengakui semua tuduhan pelecehan seksual yang ditujukan kepadanya. Hasilnya, ia pun didepak dari produksi drama Cross.

Sebelumnya, Xportsnews melaporkan bahwa aktor populer berinisial J diklaim telah melakukan pelecehan seksual kepada staf berusia 20an tahun di lokasi syuting acara televisi pada 2013. Dia disebut sebagai aktor kondang yang kerap menjadi pemeran utama dan produser.

Menurut laporan itu, J memanggil staf itu agar terpisah dengan staf lainnya, kemudian mencium bibir dan menyentuh dada serta pahanya secara paksa. J pun diklaim kerap menelepon staf itu secara pribadi.



Pada Kamis (22/2), agensi aktor J merespons dan menyatakan, "Laporan bahwa dia [aktor J] telah melakukan pelecehan seksual kepada seorang staf perempuan adalah tak berdasar."

Namun, mengutip Sports Seoul via Naver, sang aktor sendiri kemudian mengakui perbuatan bejatnya pada Sabtu (24/2) melalui sebuah pernyataan resmi.

"Ini Cho Jae Hyun. Rumor pertama mengklaim bahwa seorang aktor, yang juga pemilik teater, mencium seorang staf muda secara paksa setelah mendudukkan staf itu di pangkuannya. Saat laporan itu muncul, saya ingin memberikan penjelasan karena beberapa bagian cerita itu berbeda dari kebenaran," papar Cho Jae Hyun.

"Beberapa saat setelahnya, kami diwawancara [soal tuduhan pelecehan seksual] yang sepetinya menimbulkan kecurigaan. Saya sangat terkejut dan tidak dapat mengingat memori dari sebuah [wawancara] pendek."

"Saya memiliki cara pandang buruk saat itu, berpikir itu semua hanya fitnah. Beberapa artikel juga mulai melaporkan spekulasi yang salah, jadi sebagian dari diri saya berharap itu semua akan berakhir."


"Alih-alih berefleksi, saya malah berpikir buruk. Saya adalah seorang monster karena mencoba menghindari [konsekuensi] pikiran-pikiran bodoh dan tindakan menjijikkan saya di masa lalu."

"Saya mengaku. Saya telah menjalani hidup yang salah. Selama berakting 30 tahun, saya membuat banyak kesalahan dengan kata-kata dan tindakan yang penuh dosa terhadap para kolega, staf, dan junior saya."

"Saya adalah pendosa. Saya membungkukkan kepala dalam penyesalan kepada para korban yang telah sangat tersakiti. Saya akan melepaskan semua sekarang. Saya tidak akan memikirkan diri saya sendiri. Saya tidak akan menghindarinya. Saya akan melepaskan semua."

"Mulai sekarang, saya akan melihat hidup ke belakang dengan hati penuh penyesalan terhadap para korban. Saya sangat malu dan menyesal."

Cho Jae Hyun merupakan aktor kondang yang telah membintangi puluhan film dan drama sejak 1988. Film yang ia pernah mainkan termasuk The Kick (2011), Moebius (2013), dan yang terbaru Seondal: The Man Who Sells the River (2016).


Saat ini, aktor kelahiran 30 Juni 1965 itu sibuk dengan proyek drama Cross yang disiarkan tvN. Ia sebelumnya juga memerankan karakter utama dalam Falsify (2017) dan Solomon's Prejury (2016).

Akibat tindakannya ini, Cho Jae Hyun didepak dari produksi drama Cross. Staf produksi tvN merilis pernyataan yang menyebutkan bahwa pihaknya harus mendepak sang aktor.

"Kami akan mencoba menghilangkan karakternya dari drama secepatnya," ujar salah satu perwakilan tvN, mengutip Sports Seoul via Naver.

Sebagai informasi, dalam romanisasi nama marga Korea, nama depan "Jo" juga bisa disebut "Cho" karena terdengar sama. Setiap orang bernama depan itu bisa memilih versi mana saja yang lebih disukai. (res)