Stan Lee Ungkap Perjuangan Melawan Pneumonia

Resty Armenia, CNN Indonesia | Kamis, 01/03/2018 13:13 WIB
Stan Lee Ungkap Perjuangan Melawan Pneumonia Bos Marvel Stan Lee mengaku tengah berjuang melawan pneumonia. (REUTERS/Kevork Djansezian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bos Marvel Stan Lee memberikan informasi terbaru mengenai kondisi kesehatannya, beberapa pekan setelah dirawat di Cedars-Sinai Hospital, Los Angeles, AS akibat sesak napas dan detak jantung tak teratur.

Dalam sebuah video pesan yang dibagikan kepada TMZ untuk penggemar, komikus yang kini berusia 95 tahun itu mengaku tengah berjuang melawan pneumonia, namun kini sudah berangsur sembuh.

"Halo, para pahlawan. Ini Stan Lee," ujarnya dengan suara lirih dan napas tersengal, melansir Entertainment Weekly.



"Saya tidak berhubungan dengan kalian akhir-akhir ini. [Saya] punya sedikit pneumonia yang saya lawan selama ini, namun itu berangsur pulih."

"Namun saya ingin kalian semua tahu bahwa saya saya sedang memikirkan kalian. Tentu saja, saya selalu memikirkan para penggemar dan saya harap kalian baik-baik saja, dan saya merindukan kalian semua. Saya merindukan antuasiasme kalian. Saya merindukan semua catatan dan foto dan email yang biasa saya dapatkan-dan saya masih banyak mendapatkan itu."

"Dan saya ingin kalian tahu bahwa saya masih mencintai kalian semua. Dan saya pikir Marvel dan Spidey dan saya punya grup fan terbaik yang bisa dimiliki grup di dunia ini dan saya sungguh mengapresiasi itu."


"Jadi beri tahu saya bagaimana keadaan kalian. Saya harap semuanya berjalan baik untuk kalian. Dan saya harap lain kali kita berbincang, saya dalam keadaan yang lebih baik. Bahkan saya mungkin akan mengalahkan pneumonia ini dan kita bisa bersenang-senang soal insiden ini. Sampai nanti!" tutup kreator Marvel itu.

Pneumonia merupakan penyakit infeksi paru-paru yang bisa menyebabkan penderitanya mengalami sesak napas seperti pada penyakit asma, batuk dan demam. Hal ini diakibatkan bakteri, jamur, atau virus yang bersarang di salah satu atau kedua paru penderita yang kemudian menginfeksinya dan membuat paru-paru dipenuhi cairan, seperti nanah.

Lee dilarikan ke rumah sakit pada akhir Januari lalu, namun agennya menyatakan beberapa hari kemudian bahwa Lee harus tetap berada di sana untuk pengecekan kondisi kesehatan dan tindakan pencegahan.

Lee kemudian terlihat di karpet merah pemutaran perdana film Black Panther di Los Angeles. Film ini dibuat berdasarkan karakter yang dibuat oleh Lee bersama Jack Kirby.

(res)