Jelang Oscar, 'Get Out' Raih Kemenangan Besar di Spirit Award

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Minggu, 04/03/2018 18:48 WIB
Jelang Oscar, 'Get Out' Raih Kemenangan Besar di Spirit Award Satu hari jelang gelaran Oscar digelar, film garapan Jordan Peele 'Get Out' meraih kemenangan besar dalam ajang penghargaan Film Independent Spirit Awards. (Foto: Dok. Universal Studios)
Jakarta, CNN Indonesia -- Satu hari jelang gelaran Oscar digelar, film garapan Jordan Peele 'Get Out' meraih kemenangan besar dalam ajang penghargaan Film Independent Spirit Awards. Film yang memperoleh lima nominasi dalam ajang tersebut, berhasil memboyong dua piala untuk kategori bergengsi Sutradara dan Film Terbaik.

Ajang yang digelar di Santa Monica, Los Angeles ini dilaporkan AFP turut dipandang sebagai tolak ukur para pemenang di Oscar.

Sebelumnya, lima dari enam pemenang Film Terbaik di Film Independent Spirit Awards turut memboyong piala Film Terbaik di ajang Academy Awards. Itu termasuk Moonlight, Spotlight, dan Birdman.
Di Oscar sendiri, film yang dibintangi Daniel Kaluuya ini memperoleh empat nominasi untuk ajang yang digelar Minggu (4/3) malam, di Dolby Theatre Los Angeles, termasuk Film Terbaik, Aktor Terbaik, dan Sutradara Terbaik.


"Proyek ini tidak dimulai sebagai sebuah pernyataan. Ini dimulai saat saya ingin membuat film dalam genre favorit saya," kata Peele mengawali dalam sambutan kemenangannya di Film Independent Spirit Awards.

Dia mengungkap ide itu datang ketika dirinya sedang duduk dan merokok. Dia ingin membuat film horor.

Film ini mengisahkan tentang sepasang kekasih berkulit hitam dan putih. Kunjungan Chris (Kaluuya) ke rumah kekasihnya, Rose berujung sesuatu yang tak terduga. Chris tiba-tiba bertemu dengan seorang pria yang juga berkulit hitam seperti dirinya. Dia diminta untuk 'keluar' dari rumah kekasihnya. Dengan sejumlah teka-teki, Chris pun pun harus mengartikan makna di balik keanehan tersebut.
Selain kemenangan untuk Get Out, ajang Spirit Awards turut menganugerahkan piala untuk Timothee Chalamet sebagai Aktor Terbaik berkat perannya di film Call Me By Your Name.

Sementara, kategori Aktris Terbaik diberikan kepada Frances McDormand atas penampilannya yang membara sebagai ibu yang tengah berduka dan penuh dengan kemarahan dalam komedi gelap garapan Lucas McDonagh, 'Three Billboards Outside Ebbing, Missouri'.

Sebagai lawan main McDormand, aktor Sam Rockwell turut memboyong piala untuk Aktor Pendukung Terbaik. Dan Aktris Terbaik diberikan kepada Allison Janney, karena bermain sebagai ibu skater Tonya Harding yang dingin dan brutal, LaVona dalam film biografi ternama Craig Gillespie 'I, Tonya'.

Berikut Daftar Lengkap Pemenang Film Independent Spirit Awards 2018:
Film Terbaik: Get Out
Best First Feature: Ingrid Goes West
Aktris Terbaik: Frances McDormand (Three Billboards Outside Ebbing, Missouri)
Aktor Terbaik: Timothee Chalamet (Call Me By Your Name)
Aktris Pendukung Terbaik: Allison Janney (I, Tonya).
Aktor Pendukung Terbaik: Sam Rockwell (Three Billboards outside Ebbing, Missouri)
Sutradara Terbaik: Jordan Peele (Get Out)
Skenario Terbaik: Greta Gerwig (Lady Bird)
Best First Screenplay: Emily V. Gordon, Kumail Nanjiani, (The Big Sick)
Sinematografi Terbaik: Sayombhu Mukdeeprom (Call Me by Your Name)
Sunting Terbaik: Tatiana S. Riegel (I, Tonya)
Film Dokumenter Terbaik: Faces Places
John Cassavetes Award: Life and Nothing More
Robert Altman Award: Mudbound
Film Internasional Terbaik: A Fantastic Woman
Inaugural Bonnie Award: Chloé Zhao
(rah)