Frances McDormand Menang Aktris Terbaik di Oscar 2018

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Senin, 05/03/2018 11:55 WIB
Memerankan ibu yang dendam atas kematian putrinya, Frances McDormand membawa pulang piala Oscar 2018 sebagai Aktris Terbaik berkat 'Three Billboards'. Memerankan ibu yang dendam atas kematian putrinya, Frances McDormand membawa pulang piala Oscar 2018 sebagai Aktris Terbaik berkat 'Three Billboards'. (REUTERS/Lucas Jackson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Frances McDormand ditetapkan sebagai penerima piala Oscar 2018 untuk kategori Aktris Terbaik. Penghargaan itu diterimanya berkat berperan dalam film Three Billboards Outside Ebbing, Missouri.

"Saya pikir ini bagaimana perasaan [atlet seluncur es Amerika Serikat] Chloe Kim. Apakah kalian tahu rasanya? Tidak? Baik, lupakan," kata McDormand membuka pidato kemenangannya di Dolby Theatre, Minggu (4/3) malam waktu Los Angeles.

"Saya berterima kasih kepada semua orang yang ada di gedung ini. Saya ingin berterima kasih kepada adik saya, Dorothy. Saya mencintaimu, Dot," ujar McDormand.


"Jika saya berhak, saya mengundang semua aktris dan sineas yang ada di sini. Karena saya tahu kita semua punya kisah yang ingin diceritakan dan proyek yang harus dikerjakan," kata dia yang disambut tepuk tangan meriah para hadirin.


Karakter McDormand sebagai sebagai ibu yang berduka atas pemerkosaan dan pembunuhan terhadap putri remajanya berhasil mengalahkan Sally Hawkins (The Shape of Water), Margot Robbie (I, Tonya), Saoirse Ronan (Lady Bird), dan Meryl Streep (The Post).

Film yang disutradarai dan ditulis Martin McDonagh itu mengisahkan seorang ibu tunggal, Mildred Hayes (Frances McDormand) yang masih berduka atas pemerkosaan dan pembunuhan terhadap putri remajanya, Angela (Kathryn Newton).

Hal ini yang kemudian membuat Mildred menyewa tiga papan reklame yang sudah usang di dekat rumahnya. Ini dilakukannya karena rasa marahnya lantaran tidak ada perkembangan dalam penyelidikan tentang kasus sang putri.

Tiga reklame itu bertuliskan 'Diperkosa saat mati', 'Masih tidak ada penangkapan?', dan 'Bagaimana, sherif Willoughby?'.

[Gambas:Youtube]

Warga kota merasa terganggu dan marah atas isi papan reklame tersebut. Isi papan reklame tersebut juga tak luput dari perhatian Sherif Bill Willoughby (Woody Harrelson) dan Opsir Jason Dixon (Sam Rockwell).

Kemenangan ini menjadi nominasi kelima Oscar dan kemenangan kedua untuk McDormand. Sebelumnya, dia meraih Oscar untuk film Fargo pada 1996.

Sementara, berkat perannya di Three Billboards Outside Ebbing, Missouri telah membawa McDormand memenangkan kategori yang sama di ajang Golden Globes, dan BAFTA. (end)