Piala Oscar Ternyata Hanya Dihargai Rp13 Ribuan

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Senin, 05/03/2018 13:38 WIB
Piala Oscar Ternyata Hanya Dihargai Rp13 Ribuan Piala Oscar seperti yang diterima sutradara Guillermo del Toro tak bisa diperjualbelikan secara bebas. (REUTERS/Lucas Jackson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gegap gempita Oscar 2018 telah berakhir. Piala-piala Oscar telah diserahkan kepada sineas yang berhak. Sutradara Guillermo del Toro, aktor Gary Oldman dan aktris Frances McDormand termasuk mereka yang membawa pulang Piala Oscar tahun ini.

Meski piala itu berlapis emas dan dibuat susah-susah di New York, ternyata harganya tak seberapa. Piala Oscar bahkan hanya bernilai US$1, atau tak lebih dari Rp13 ribuan.

Itu karena status Piala Oscar yang diberikan kepada para pemenang adalah 'pinjaman.' Sejak 1950 mereka harus menandatangani kontrak bahwa Academy of Motion Pictures, Arts and Sciences (AMPAS) penyelenggara Oscar harus menjadi pihak pertama yang menampung Piala Oscar jika pemenangnya ingin menjual atau tak menghendaki piala itu lagi.



Piala itu bisa turun-temurun ke anak cucu, namun tak boleh jatuh ke pihak luar.

Jika ingin menjualnya, AMPAS harus dihubungi terlebih dahulu, dan mereka akan menawar piala itu dengan harga US$1. Sampai 2014, piala itu dihargai US$10. Namun nominal berubah karena piala yang dimenangi Joseph Wright untuk My Gal pada 1942 jatuh ke tangan Nate D. Sanders yang membelinya dari Pelelangan Briarbrook seharga US$79.200.

Sejak itu, Piala Oscar tidak bisa dijual seharga emas dan hanya bernilai US$1.


Jika ada yang mencoba menjual Piala Oscar di luar AMPAS, itu akan terdeteksi dan sang pemenang akan langsung didatangi pengacara. Namun, peraturan itu hanya berlaku setelah 1950. Piala Oscar pernah terjual besar sebelum tahun itu.

Hingga kini Piala Oscar yang pernah terjual dengan nilai tertinggi adalah untuk Gone with the Wind. Piala Film Terbaik pada 1940 itu dibeli Michael Jackson di sebuah pelelangan pada 1999 dengan harga US$1,54 juta. Sayang, piala itu kini tak terdeteksi lagi.

Meski Piala Oscar nilainya tak setinggi emas, para nomine tetap mendapat tas yang berisi berbagai hadiah. Tahun ini, mengutip Forbes, tas hadiah itu berharga setara US$100 ribu. Tentu saja, mereka juga mendapat kebanggaan karena karyanya dianggap terbaik.


Hadiah tahun ini termasuk liburan ke Tanzania, spa dan berbagai penawaran mewah. (rsa)