Poster Film Lepas Han Solo Diklaim Jiplak Kover Album Sony

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Selasa, 06/03/2018 01:47 WIB
Poster Film Lepas Han Solo Diklaim Jiplak Kover Album Sony Solo: A Star Wars Story bercerita bagaimana Han Solo bertemu Chewbacca. (Ilustrasi/REUTERS/Scott Audette)
Jakarta, CNN Indonesia -- Film Solo: A Star Wars Story diterpa isu negatif menjelang tiga bulan penayangannya di layar lebar. Poster yang menampilkan karakter utama film itu diduga menjiplak kover album berbagai genre musik rilisan Sony Music Perancis.

Seniman Hachim Bahous yang membuat kover album itu bersuara lewat akun Facebook-nya.

Ia mengunggah foto yang memuat empat kover album buatannya dan empat poster Solo: A Star Wars Story. Warna dan gaya poster serta kover album itu memang mirip.




Pada bagian kiri (dari pembaca) gambar yang ia unggah terdapat poster Solo: A Star Wars Story yang menampilkan karakter Han Solo, Lando Calrissian, Qi'Ra dan Chewbacca.

Pada setiap poster tertulis nama beserta penampakan karakter di dalam tiap huruf.


Pada bagian kanan (dari pembaca), terdapat empat poster kompilasi Funk, Jazz, Electronic Funk dan Soul. Pada setiap kover itu juga terdapat penampakan musisi yang terpotong tulisan genre musiknya.

Bahkan gaya tulisan pada poster Solo: A Star Wars Story pun serupa dengan kover album kompilasi yang didesain Bahous. Warna tulisan Solo juga serupa dengan Funk, tulisan Lando serupa dengan Jazz, tulisan Qi'Ra serupa dengan Electronic Funk dan tulisan Chewie serupa dengan Soul.

"Saya merasa tersanjung karya saya diakui, tapi tetap saja ada pemalsuan. Saya tidak dimintai izin, saya berharap bisa dihargai dan dibayar atas pekerjaan yang sudah saya lakukan untuk Sony," tulis Bahous dalam akun Facebook-nya.


Sampai saat ini belum ada respons resmi dari pihak Disney maupun LucasFilm.

Solo: A Star Wars Story, film lepas Star Wars dijadwalkan tayang pada bulan Mei mendatang. Film itu menceritakan Han Solo (Alden Ehrenreich) muda sebelum bertemu jedi Luke Skywalker dan Obi Wan Kenobi.

Dalam petualangannya mengendarai Pesawat Millennium Falcon, Solo bertemu dengan Chewbacca (Joonas Suotamo) yang kemudian menjadi kopilot. Kemudian iajuga bertemu dengan Lando Calrissian (Donald Glover) dan Qi'Ra (Emilia Clarke). (rsa)