The Cranberries Bakal Rilis Album Terakhir

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Kamis, 08/03/2018 15:38 WIB
The Cranberries Bakal Rilis Album Terakhir The Cranberries mengumumkan bakal merilis sejumlah album terakhir mereka, yang juga masih sempat direkam Dolores sebelum pergi selamanya Januari silam. ( AFP PHOTO / JoÎl SAGET)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepergian Dolores O'Riordan pada Januari silam telah mengubah rencana panjang bandnya, The Cranberries. Band era dekade 90-an itu mengumumkan akan merilis sejumlah album sebagai karya terakhir mereka.

Pengumuman yang diterbitkan dalam laman resmi mereka oleh Bassis Mike Hogan, gitaris Noel Hogan dan drummer Fergal Lawler itu sekaligus mengisyaratkan nafas terakhir band yang terbentuk sejak 1989 tersebut.

Ketiganya memulai pernyataan dengan mengisahkan kembali proyek album baru yang telah The Cranberries garap ketika masih ada Dolores. Hingga kemudian kematian Dolores 15 Januari silam membuat proyek itu tertunda.



"Dalam beberapa pekan terakhir, kami mempertimbangkan kembali. Setelah banyak pertimbangan, kami telah memutuskan untuk menyelesaikan apa yang telah kami mulai," kata ketiga anggota tersisa The Cranberries.

Band asal Irlandia ini juga menjelaskan bahwa Maret 2018 bertepatan dengan 25 tahun perilisan album perdana bertajuk Everybody Else Is Doing It, So Why Can't We?.

Album itu dirilis pada 1 Maret 1993 yang menghasilkan lagu hit Linger dan Dreams.

"Kami berpikir tentang ini dan memutuskan bahwa ini adalah sesuatu yang kami mulai sebagai sebuah band, bersama Dolores, kami harus melanjutkannya dan menyelesaikannya," lanjut pernyataan tersebut.


"Jadi, itulah rencananya, mengakhiri proyek ini dan memberikan album spesial edisi ulang tahun ke-25 di akhir tahun ini," kata Noel, Mike, dan Ferg.

"Kami juga akan melengkapi rekaman album studio baru yang sebelumnya sempat diumumkan, yang kami juga mulai tahun lalu dan Dolores telah merekamnya. Semua berjalan baik, kami harap album baru ini rampung dan rilis pada awal tahun depan." lanjut pernyataan tersebut.

Dolores memang sempat merencakan album baru sebelum meninggal. Ia berdiskusi dengan Noel mengenai album tersebut.

[Gambas:Youtube]

Sayang ajal menjumputnya lebih dulu, ia ditemukan tanpa nyawa di kamar pada salah satu hotel di London, Inggris. Sampai saat ini kepolisian setempat mengatakan kematian Dolores tidak mencurigakan.

Diberitakan The Guardian, pemeriksaan jenazah Dolores sudah dilakukan dan sedang menunggu hasil tes. Namun petugas koroner Shirley Radcliffe mengatakan investigasi ditunda sampai 3 April.

Dolores memiliki kontribusi tinggi dalam The Cranberries. Ia bergabung pada 1993 dan sering menulis lagu yang kemudian populer, seperti Zombie. (end)