FOTO: Menyuci Diri Sambut Nyepi dengan Melasti

Hesti Rika, CNN Indonesia | Senin, 12/03/2018 08:05 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Bukan hanya Umat Hindu di Bali yang melaksanakan Melasti sebagai bagian menyambut Hari Raya Nyepi 17 Maret nanti. Umat Hindu di Jakarta pun melakukannya.

Umat Hindu se-Jabodetabek melaksanakan Upacara Melasti di Pura Segara Cilincing, Jakarta pada 11 Maret 2018. Melasti merupakan upacara penyucian diri menjelang Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940 yang jatuh pada 17 Maret 2016. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Warga menaruh sesajen di plataran Pura Segara Cilincing saat upacara Melasti di Cilincing, Jakarta, 11 Maret 2018. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Menurut kepercayaan Hindu, upacara Melasti digelar untuk menghanyutkan kotoran alam menggunakan air kehidupan. Ini pula alasan menyelenggarakan Melasti di pinggir pantai. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Salah satu alasan lain melaksanakan Melasti di tepi pantai adalah memiliki tujuan menyucikan diri dari segala perbuatan buruk di masa lalu dan membuangnya ke laut. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Dalam kepercayaan Hindu, sumber air seperti danau juga laut dianggap sebagai air kehidupan atau tirta amerta. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Bukan hanya melakukan sembahyang, Melasti juga berarti membersihkan dan penyucian benda sakral milik pura dengan cara diarak dan diusung mengelilingi kawasan tempat tinggal. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Dalam upacara Melasti, masyarakat berkelompok ke sumber air. Para pemangku adat lalu berkeliling dan memercikkan air suci dan asap dupa kepada seluruh warga yang datang beserta perangkat peribadatan sebagai simbol penyucian. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Upacara Melasti juga dibagi dalam sejumlah upacara lain berdasarkan wilayah, mulai dari ibu kota hingga rumah tangga. Upacara ini dilaksanakan dengan harapan agar umat Hindu diberi kekuatan dalam melaksanakan Nyepi. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)