FOTO: Mengenang Misi Salib Santo Patrick di Irlandia

Reuters, CNN Indonesia | Rabu, 14/03/2018 09:16 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Jelang perayaan Hari Santo Patrick pada 17 Maret nanti, sejumlah pihak mengenang misi salib mantan budak yang sukses membaptis Irlandia itu.

Jelang Perayaan Santo Patrick pada 17 Maret nanti, sejumlah pihak mengenang misi salib mantan budak yang sukses membaptis Irlandia itu. (REUTERS/Clodagh Kilcoyne)
Santo Patrick merupakan sosok di balik tegaknya salib di bumi Irlandia yang semula beragama Pagan. Ia datang pertama kali ke Irlandia pada abad ke-16. (REUTERS/Clodagh Kilcoyne)
Konon lahir dengan nama Maewyn Succat di kawasan Inggris, ia kemudian diculik bajak laut Irlandia pada usia 16 dan dibawa ke kawasan itu sebagai budak. (REUTERS/Clodagh Kilcoyne)
Selama enam tahun menjadi budak, ia memperdalam hubungan dengan Tuhan dan sukses kabur pada usia 22 ke keluarganya. Ia kemudian memilih menjadi pastor dan mengubah namanya menjadi Patrick. (REUTERS/Clodagh Kilcoyne)
Usai menjadi pastor, alih-alih menyebarkan agama Katolik di kampung halaman, Patrick memilih kembali ke Irlandia. (REUTERS/Clodagh Kilcoyne)
Kala itu, pada 432 Masehi, ia datang kembali ke Irlandia dengan niat mengotbahkan ilmu agamanya ke penduduk Irlandia yang masih beragama pagan. (REUTERS/Clodagh Kilcoyne)
Santo Patrick disebut menyebarkan agama di sejumlah lokasi namun sebagian besar di tempat ia mendarat di Three Mile Water, Brittas Bay. (REUTERS/Clodagh Kilcoyne)
Menurut pengakuan yang ia tulis, Patrick menyebut telah membabtis ribuan orang Irlandia. Ia menyebarkan konsep trinitas dengan cara sederhana, melalui daun shamrock, sejenis daun semanggi yang berdaun tiga yang tumbuh subur di Irlandia. (REUTERS/Clodagh Kilcoyne)
Patrick dan pengikutnya kemudian memperluas agama ke berbagai wilayah dan mendirikan banyak gereja. Ia pun diangkat menjadi uskup pertama Irlandia. (REUTERS/Clodagh Kilcoyne)
Patrick disebut meninggal pada 17 Maret 461. Usai kematiannya, banyak legenda muncul seperti ular yang terusir dari Irlandia sebagai metafora paganisme yang tergantikan dengan Kristen. (REUTERS/Clodagh Kilcoyne)
Hari kematiannya pula diperingati sebagai hari besar mengenang sang penggembala Irlandia, dengan beragam aksesori berwarna hijau yang melambangkan daunm shamrock. (REUTERS/Clodagh Kilcoyne)