Stephen Hawking Disebut Karakter Film Paling Inspiratif

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Rabu, 14/03/2018 12:56 WIB
Stephen Hawking Disebut Karakter Film Paling Inspiratif Stephen Hawking dianggap sebagai karakter film paling inspiratif. (Jemal Countess/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Stephen Hawking bukan hanya tokoh di dunia sains. Ahli fisika dan kosmologi itu pun populer di dunia film. Ia bahkan disebut sebagai karakter di film yang paling inspiratif.

Itu merupakan hasil survei dari sebuah jaringan bioskop di Inggris, Empire Cinemas. Mereka meneliti karakter-karakter di film Hollywood yang paling menggugah bagi penonton.

Nama Hawking di posisi teratas.



Hawking semakin terkenal sebagai inspirator film nan menggugah saat ia dijadikan objek dalam The Theory of Everything. Eddie Redmayne memerankannya sebagai anak kuliahan yang mencari bahan untuk tesis, sampai menjadi penemu teori dan terserang penyakit motorik.

Aktingnya yang memukau dalam film itu membuat Redmayne dianugerahi beberapa piala Aktor Terbaik, termasuk di Golden Globes dan Oscar. Hawking sendiri memuji aktingnya dan merasa seakan menonton dirinya sendiri. Nama Redmayne pun melambung setelah itu.

Selain Hawking, ilmuwan lain yang ada dalam daftar inspirator film itu adalah Alan Turing. Ahli matematika yang berjasa bagi Perang Dunia itu ada di urutan keempat, setelah pengacara Erin Brockovich dan pebalet pria yang menggebrak tradisi, Billy Elliot.


Erin Brockovich dalam film diperankan Julia Roberts, sementara Billy Elliot dimainkan oleh Jamie Bell. Turing juga sudah difilmkan dalam The Imitation Game, di mana ia diperankan oleh Benedict Cumberbatch. Ia dianggap inspiratif karena berhasil mengungkap kode enigma.

Seperti diberitakan Newsweek, karakter film lain yang juga dianggap menginspirasi adalah Rocky Balboa dalam Rocky, John Keating di Dead Poets Society, James Bond, Christopher Gardner di film The Pursuit of Happiness, Hugh Glass dalam The Revenant yang membuat Leonardo DiCaprio akhirnya membawa pulang Piala Oscar, dan Joy Mangano di Joy.

"Film punya kekuatan untuk menggugah orang secara emosional. Bioskop kami melihat semuanya, dari air mata sampai tawa, bahkan pekik seram karena teror," kata Jon Nutton dari Empire Cinemas. Dari sana, ia ingin tahu siapa karakter paling menginspirasi.


"Studi ini membuktikan bahwa film bisa membawa dampak pada penontonnya bahkan setelah mereka meninggalkan bioskop, menginspirasi orang untuk melakukan hal luar biasa mulai dari bepergian keliling dunia, beramal dan bahkan berolah raga atau berhobi baru," lanjutnya.

Karakter lain yang tidak masuk 10 besar tapi juga mencuri perhatian dan tak mungkin dilewatkan adalah Forrest Gump, yang dimainkan oleh Tom Hanks pada 1994. William Wallace yang diperankan Mel Gibson dalam Braveheart juga disebut menginspirasi.

Masyarakat bahkan memilih Rafiki, tokoh di The Lion King, sebagai salah satu inspirasi.


Tiga karakter terakhir terkenal karena kutipannya. Forrest Gump terkenal karena berkata, "Hidup itu seperti sekotak cokelat, kau tidak pernah tahu akan dapat apa." William Wallace dianggap inspiratif, "Semua orang meninggal, tapi tidak semua orang benar-benar hidup."

Sementara kutipan dari Rafiki yang paling diingat adalah, "Oh ya, masa lalu bisa menyakitkan. Tapi kau bisa lari dari itu, atau belajar dari situ." (rsa)