FOTO: Mengenal Kisah Ibu Bumi di Tengah Paris

AFP , CNN Indonesia | Jumat, 16/03/2018 10:13 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Di tepi Sungai Seine yang membelah kota Paris, berdiri The French National Museum of Natural History mengisahkan perjalanan ibu Bumi menaungi kehidupan manusia.

Di tepi Sungai Seine yang terkenal membelah kota Paris, Perancis, berdiri bangunan yang mengisahkan perjalanan ibu Bumi menaungi kehidupan manusia. (AFP PHOTO / Ludovic MARIN)
The French National Museum of Natural History sejatinya telah ada sejak 1635 pada era Louis XIII. Namun baru pada 1793 setelah Revolusi Perancis, museum ini resmi berdiri. (AFP PHOTO / Ludovic MARIN)
Museum yang bernama asli Muséum national d'Histoire naturelle atau disingkat MNHN ini merupakan museum alam nasional Perancis dan pendidikan tinggi yang juga bernaung di bawah bendera Universitas Sorbonne. (AFP PHOTO / Ludovic MARIN)
Selama lebih dari 400 tahun, museum ini menjadi objek vital untuk penemuan, pemahaman, pengungkapan dan membantu untuk menjaga keberagaman budaya dan alam Bumi serta hubungan antara manusia dan alam. (AFP PHOTO / Ludovic MARIN)
Museum ini juga memiliki misi menyebarkan ilmu naturalis kepada seluruh pengunjung berbagai lapisan melalui serangkaian kegiatan. (AFP PHOTO / Ludovic MARIN)
Sebelum berdiri sebagai museum, tempat pendidikan ini semula adalah kebun Istana Raja Perancis yang dikhususkan untuk tanaman obat-obatan. (AFP PHOTO / Ludovic MARIN)
Namun setelah dikembangkan menjadi museum yang dikhususkan mengeanai alam, tempat ini memiliki sejumlah bangunan seperti kebun raya, galeri, laboratorium, serta sentra pendidikan lainnya. (AFP PHOTO / Ludovic MARIN)
MNHN memiliki sejumlah departemen yang membidangi sejumlah ilmu khusus seperti klasifikasi dan evolusi, keberagaman molekular, populasi serta lingkungan perikanan juga kelautan. (AFP PHOTO / Ludovic MARIN)
Selain itu, museum ini juga mempelajari soal manajerial biodiversitas dan ekologi, sejarah Bumi, kehidupan manusia, dan prasejarah. (AFP PHOTO / Ludovic MARIN)
Beberapa museum juga bergabung dalam MNHN, mereka adalah galeri Jardin des Plantes, Kebun Raya dan Kebun Binatang, serta Museum Manusia. (AFP PHOTO / Ludovic MARIN)