Black Panther Samai Rekor Box Office Avatar

Dika Dania Kardi, CNN Indonesia | Senin, 19/03/2018 00:05 WIB
Black Panther Samai Rekor Box Office Avatar Black Panther menorehkan catatan box office kelima secara beruntun di Amerika Utara. Prestasi itu menyamai rekor Avatar karya James Cameron pada 2009 silam. (Courtesy Marvel)
Jakarta, CNN Indonesia -- Film superhero produksi Disney dan Marvel, Black Panther, mengangkangi pencapaian film Tomb Raider terbaru yang dibintangi Alicia Vikander.

Seperti dilansir Reuters, Black Panther mencatatkan box office yang kelima beruntun dengan torehan US$27 juta dari 3.834 lokasi. Sementara itu, di tempat kedua adalah Tomb Raider dengan pendapatan US$23,5 juta dari 3.454 lokasi.


Dari catatan tersebut, Black Panther menjadi satu-satunya dari tujuh film box office yang telah mencapai pendapatan melewati US$600 juta di bioskop-bioskop Amerika Utara saat ini. Dalam sejarah Hollywood, Black Panther menjadi film kedua tercepat yang berhasil mencapai torehan itu.


Selain itu, kini dengan pencapaian box office selama lima pekan beruntun, Black Panther menyamai prestasi yang dicapai film Avatar karya James Cameron yang dirilis pada 2009 silam. Avatar adalah film pertama yang terus berada di box office hingga lima pekan beruntun, sementara Black Panther menjadi film keempat yang berhasil menorehkannya.

Black Panther adalah karakter pahlawan yang diambil dari komik produksi Marvel. Film itu mengisahkan T'Challa (Chadwick Boseman) menjadi raja baru Wakanda setelah ayahnya, T'Chaka (John Kani) meninggal di Captain America: Civil War. Di bawah sumpah harus menyelamatkan Wakanda, T'Challa pun berusaha melawan dua musuh berbahaya dengan kostum barunya.

Ia berusaha meringkus Ulysses Klaw (Andy Serkis), satu-satunya orang yang pernah menyusup ke Wakanda dan membunuh banyak orang, serta Erik Killmonger (Michael B Jordan) alias Golden Jaguar yang ingin merebut takhtanya sekaligus menguasai dunia.


Black Panther sendiri merupakan tonggak bagi Marvel untuk menghadirkan sosok pahlawan kulit hitam ke layar lebar. Butuh waktu hampir 10 tahun dan 17 film bagi Marvel untuk menampilkan sosok pahlawan super berkulit hitam sejak film Marvel pertama yaitu Iron-Man yang dirilis pada 2008 silam.

Sutradara Ryan Coogler mampu menerjemahkan napas Black Panther yang telah dinarasikan sang kreator Jack Kirby sejak 1966. Kirby selalu berbicara keberagaman dan emansipasi kulit hitam lewat komik-komik Black Panther.

Coogler membuat film itu bukan hanya bercerita tentang pahlawan super kulit hitam pertama di Marvel. Ia juga membawa aktor dan aktris kulit hitam mendominasi film berdurasi dua 15 menit tersebut. Pengisi original soundtrack pun penyanyi hip-hop berkulit hitam. Dalam hal ini, Black Panther menuai pujian dan nilai sempurna dari para kritikus. (Reuters)