Langkah Solo Karier Personel Fifth Harmony usai Vakum

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Selasa, 20/03/2018 12:18 WIB
Langkah Solo Karier Personel Fifth Harmony usai Vakum Masing-masing personel Fifth Harmony sudah punya pijakan solo karier saat memutuskan bubar pada Senin (19/3). (REUTERS/Mario Anzuoni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Keputusan Fifth Harmony untuk 'bubar sementara' setelah enam tahun berkarier bersama, salah satunya didasari ambisi untuk mengejar karier masing-masing. Salah satu anggotanya, Camila Cabello sudah lebih dulu hengkang dan bersolo karier pada Desember 2016.

Setelah setahun membangun karier, Cabello sekarang bahkan lebih dikenal dari band-nya.

Lagunya, Havana didengar di mana-mana. Lagu yang mencerminkan kota kelahirannya itu mengalahkan single milik Adele, Someone Like You di tangga lagu Inggris. Cabello juga sudah punya album self-titled yang langsung menempati posisi puncak iTunes di 99 negara.



Ambisi Cabello seakan kesampaian. Saat memutuskan hengkang dari Fifth Harmony, ia mengatakan, "Anda tahu, seperti artis lain saya merasa ini waktunya mengeksplor visi artistik saya jadi saya hanya mengikuti kata hati saya, dan di sinilah saya sekarang."

Menyusul Cabello, ada Ally Brooke. Ia juga memutuskan mengembangkan bakatnya dengan bersolo karier di luar Fifth Harmony. Usai band bentukan X Factor Amerika itu menggelar konser di Jakarta Brooke mengumumkan kontraknya dengan Maverick/ReignDeer Entertainment.

"Kami sudah berbincang [soal ini]," kata Brooke tahun lalu. Ia saat itu juga mengungkapkan bahwa personel Fifth Harmony sepakat mendukung karier solo masing-masing dari mereka.

[Gambas:Video CNN]

Belakangan, Dinah Jane Hansen juga sepertinya mulai sadar bahwa dirinya punya ambisi untuk bersolo karier. Ia pun mulai vokal kepada labelnya soal berkarier tanpa grup band. Perlahan, ia memulai solo karier dengan merekam lagu Natal bersama Leona Lewis.

Ia juga sudah tak membawa bendera Fifth Harmony saat rekaman bersama RedOne, Daddy Yankee dan French Montana. Meskipun, saat ini belum tahu apa lagi kariernya selanjutnya.

Normani juga sepertinya sudah menemukan passion-nya. Ia ikut berkompetisi dalam Dancing with the Stars musim ke-24 tahun lalu, dan berhasil menempati posisi ketiga. Bukan tidak mungkin itu menjadi 'sayap' kariernya selanjutnya. Apalagi, mengutip LA Times, Normani juga sudah teken kontrak solo dengan S10 Entertainment & Media.


Ia pun telah berduet dengan Khalid lewat Love Lies, dan mencetak sejarah dengan menjadi debut solo pertama terlaris dari personel girl band yang pernah ada.

Tersisa Lauren Jauregui sebagai personel Fifth Harmony. Ia pun sudah punya jaring untuk bersolo karier. Ia rekaman bersama Halsey dalam Strangers, lagu untuk kaum LGBT. Ia memang seorang biseksual, sesuai pengakuannya dalam ajang women's right dan surat untuk Trump.

Ia juga sudah berkolaborasi dengan Marian Hill, Steve Aoki dan Ty Dolla Sign.


Dengan demikian, tak ada yang salah dengan keputusan Fifth Harmony untuk vakum sesuai unggahan dalam Instagram resmi mereka Senin (19/3). Masing-masing sudah punya pijakan bersolo karier dan sepakat untuk kembali bersama saat waktunya tiba kelak.

One Direction memberi tenggat waktu bagi penggemarnya saat hiatus: 1,5 tahun. Namun mereka tak kunjung kembali bersama meski sudah dua tahun lebih 'bercerai.' Kini, Fifth Harmony tidak memberi janji apa-apa kepada penggemarnya, Harmonizer soal waktu kembalinya mereka.

Bisa setahun, dua tahun, atau lebih. Untungnya, mereka sudah pernah konser di Indonesia.

[Gambas:Instagram] (rsa)