FOTO: Potret Fifth Harmony dari Culun Sampai Pecah Kongsi

AFP , CNN Indonesia | Selasa, 20/03/2018 14:30 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Fifth Harmony menambah deretan grup musik yang bubar di puncak kejayaan mereka. Bersama sejak 2012, grup ini memutuskan vakum pada Maret 2018.

Fifth Harmony yang terdiri dari Camila Cabello, Lauren Jauregui, Dinah Jane, Normani, dan Ally Broke terbentuk pada acara 'X Factor' Amerika Serikat pada 2012. (Imeh Akpanudosen/Getty Images/AFP)
Keberadaan Fifth Harmony dalam industri musik tak dapat dilepaskan dari campur tangan 'bapak' mereka, Simon Cowell. (Jason Merritt/Getty Images/AFP)
Fifth Harmony di kala awal kemunculannya tampil amat kompak, seperti saat diundang di pesta iHeartRadio Nick Radio Launch, 24 Oktober 2013. (Brad Barket/Getty Images for Clear Channel Media + Entertainment/AFP)
Untuk meningkatkan popularitas mereka, Fifth Harmony rela naik panggung ke panggung lainnya, seperti dalam acara 'Today' pada 18 Juli 2013. (Slaven Vlasic/Getty Images/AFP)
Ketenaran pun perlahan tapi pasti diraih Fifth Harmony pada 2014. Para penggemar mereka, Harmonizer, semakin bertambah dengan kefanatikan yang solid. (Jemal Countess/Getty Images/AFP)
Fifth Harmony juga mulai mendapatkan penghargaan di industri musik, seperti dalam acara MTV Video Music Awards 2014 ini. (Frazer Harrison/Getty Images/AFP)
Mulai menjadi grup papan atas Hollywood, penampilan Fifth Harmony pun berganti. Kesan remaja mulai ditinggalkan dan kesan seksi ditonjolkan seperti dalam pertunjukkan mereka di Billboard Music Awards 2016. (Kevin Winter/Getty Images/AFP)
Tapi kekompakan mereka tak bertahan lama. Jelang akhir 2016, muncul isu Camila Cabello bakal hengkang dari Fifth Harmony. Pertunjukkan di Jingle Ball pada Desember 2016 ini salah satu acara terakhir 5H dalam formasi komplet. (Mike Windle/Getty Images for iHeartMedia/AFP)
Camila Cabello benar hengkang dari Fifth Harmony pada akhir 2016. Mengejar karier solo menjadi alasannya. Butuh sebulan bagi Dinah Jane, Lauren Jauregui, Ally Brooke dan Normani untuk bisa kembali muncul di depan publik sebagai Fifth Harmony seperti pada foto di Januari 2017 ini. (Kevork Djansezian/Getty Images/AFP)
Camila Cabello sendiri muncul pertama kali di publik terlepas dari Fifth Harmony pada acara Grammy Awards di Staples Center pada 12 Februari 2017, sebulan setelah mantan rekan segrupnya muncul di muka publik. (Kevork Djansezian/Getty Images/AFP)
Empat orang tersisa dari Fifth Harmony berjanji bertahan selepas ditinggal Camila. Namun janji itu hanya dapat ditepati sampai Maret 2018, ketika mereka mengumumkan rehat hingga waktu yang tak dapat ditentukan untuk mengejar karier masing-masing. Fifth Harmony pun tinggal sejarah. (Jason Koerner/Getty Images for iHeartMedia/AFP)
Usai merilis 'Havana' pada Oktober 2017, Camila Cabello tampak sepenuhnya sudah melanjutkan hidup dan menapak karier sebagai penyanyi solo yang kini sudah terkenal di seluruh dunia. (Christopher Polk/Getty Images for iHeartMedia/AFP)