Netizen Kecam Syahrini karena 'Selfie' di Monumen Holocaust

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Kamis, 22/03/2018 12:45 WIB
Netizen Kecam Syahrini karena 'Selfie' di Monumen Holocaust Netizen mengecam aksi Syahrini yang asyik 'selfie' di Holocaust Memorial, Berlin, yang dikenal dilarang untuk berfoto demi menghormati korban Nazi. (Detikcom/Noel0
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyanyi Syahrini lagi-lagi kembali menimbulkan kontroversi. Usai menimbulkan kontroversi gara-gara foto di tol di Surabaya, aksi Syahrini kini dikecam karena berswafoto di Berlin, Jerman.

Aksi Syahrini itu dikecam karena ia melakukannya di lokasi yang dikenal atas sejarah gelap Eropa, pembantaian kaum Yahudi oleh Nazi atau Holocaust.

Syahrini diketahui tengah berlibur ke Jerman sejak beberapa hari lalu. Di tengah agenda tamasyanya itu, ia berkunjung ke Holocaust Memorial di Berlin.



Monumen itu mulai dibangun pada 2003 dan disahkan pada 2005, 60 tahun setelah Perang Dunia II, untuk menghormati ribuan kaum Yahudi Jerman korban genosida oleh Nazi pimpinan Adolf Hitler.

Norma setempat melarang tindakan yang tidak menghormati terhadap para korban yang tewas di tempat itu seperti duduk-duduk, memanjat, berfoto atau vandalisme.

Sementara itu, Syahrini yang mengunjungi lokasi tersebut justru berpose di atas memorial yang berbentuk banyak pusara dan menunjukkan tingkah yang bertentangan dengan norma tempat tersebut.


Foto itu sempat ia unggah ke akun Instagram, tapi kini telah ia hapus. Atas tindakan Syahrini tersebut, kecaman dari warganet pun melayang kepada pelantun Jangan Memilih Aku itu.

"Aduh si Inces blunder amat. Jadi begini, ini Holocaust Memorial aslinya tidak boleh foto-foto apalagi sampai naik-naik macam gini. Sempat jadi kasus buat mahasiswa-mahasiswa asing yang mau foto cantik di Instagram di-capture sama pemerintah Jerman terus dapat peringatan tidak dapat izin masuk lagi," cuit akun @andikaedwin.



Holocaust Memorial di Berlin, Jerman.Holocaust Memorial di Berlin, Jerman. (AFP PHOTO / JOHN MACDOUGALL)

Selain berpose, Syahrini pun ketahuan mengunggah video ke fitur Story di Instagram. Dalam video itu, Syahrini juga menunjukkan sikap kurang hormatnya.

"Bagus yah, tempat Hitler bunuh-bunuhan dulu," ucapnya dalam video yang kini beredar di dunia maya itu. Video itu pun menuai kecaman.

"Orang-orang jangan seperti Syahrini. Menjadi kaya dan sukses seperti dia tapi tidak berpendidikan begini," cuit @riyanwahyudi.











(end)