Musisi Jepang Bentuk Koalisi Musik Independen

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Jumat, 23/03/2018 06:58 WIB
Musisi Jepang Bentuk Koalisi Musik Independen Asosiasi musisi, label rekaman independen, dan organisasi musik Jepang baru membentuk koalisi musik independen, Independent Music Coalition of Japan (IMCJ). (dok. Fuji Rock Festival via Faceboook)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah koalisi musik independen bernama Independent Music Coalition of Japan (IMCJ) baru saja terbentuk. Koalisi itu dibentuk oleh asosiasi musisi, label rekaman independen, dewan label rekaman independen Jepang dan Japan Net Creators Association.

Melansir Billboard, Rabu (21/3) lalu, IMCJ melakukan kegiatan perdana. Mereka mendukung dan membantu musisi independen menjual karya.

Lebih dari itu, IMCJ akan mewakili komunitas musik independen Jepang sebagai asosiasi perdagangan nasional pada Worldwide Independent Network (WIN). Walau sebelumnya sudah ada Federation of Music Producers of Japan yang juga tergabung dalam WIN.



IMCJ juga berencana akan menjadi corong suara komunitas musik independen Jepang. Mereka berharap hal itu dapat memperjuangkan hak-hak label rekaman independen dan mendorong pengembangan data mengenai keberlangsungan musik independen.

Koalisi yang baru dibentuk ini juga akan membantu promosi dan memfasilitasi musisi independen Jepang yang tergabung dalam koalisi tersebut. Juga membantu musisi untuk berhubungan dengan pemerintah Jepang.

Co-Founder sekaligus CEO of IMCJ Takashi Kamide mengatakan Jepang merupakan pasar musik terbesar kedua di dunia. Selama dua dekade berkarier dalam belantika musik Jepang, ia selalu mendapat pesan dari komunitas musik asing.


"[Mereka mengatakan] 'Pasar musik Jepang terlalu sulit dimengerti' dan 'Suara dari Jepang terlalu sedikit.' Niat saya adalah mengomunikasikan suara dari komunitas musik Jepang ke komunitas global dan sebaliknya," kata Kamide.

Di sisi lain, CEO WIN Alison Wenham menyambut baik kehadiran IMCJ. Ia merasa senang IMCJ menjadi koalisi musik independen pertama di Negeri Sakura.

"Dalam pergerakan pasar global yang cepat, kami benar-benar bersemangat untuk bekerja sama dengan IMCJ, mendukung perkembangan mereka di Asia, menciptakan asosiasi perdagangan baru dan memajukan pemahaman tentang pasar musik bagi perusahaan musik independen di seluruh dunia," kata Wenham.

(res)