Jokowi Panggil Mira Lesmana dan Triawan Munaf soal Film Anak

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Jumat, 23/03/2018 14:31 WIB
Jokowi Panggil Mira Lesmana dan Triawan Munaf soal Film Anak Mira Lesmana dan Triawan Munaf menghadap Jokowi di Istana Merdeka, Jumat (23/3). (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo termasuk pihak yang resah karena tak banyak film anak-anak yang dirilis belakangan ini. Ia sampai dua kali menghubungi Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf karena hampir tak melihat film dan mendengar lagu anak-anak.

Jumat (23/3), Jokowi pun mengundang Triawan dan produser Mira Lesmana ke Istana Merdeka.

"Presiden sangat khawatir karena saat ini anak-anak mengonsumsi lagu-lagu dewasa," kata Triawan kepada media di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat siang usai bertemu Jokowi.



Dalam kesempatan bertemu Jokowi itu, Triawan dan Mira pun melaporkan sebuah film baru yang memang ditargetkan untuk anak-anak. Film berjudul Kulari ke Pantai itu disutradarai Riri Riza, rekan Mira seperti di Laskar Pelangi, film anak-anak terlaris di Indonesia.

Tak hanya membuat film, kata Triawan, Mira juga juga akan menggelar kompetisi membuat lagu anak sebagai soundtrack film ini. "Diharapkan ini menjadi gelombang baru bagi dunia film dan musik nasional dan supaya anak-anak ke bioskop," tutur Triawan.

Mira pun berharap filmnya bisa dinikmati anak-anak, meski harus bersaing dengan film lain terutama asing. Tanggal rilisnya sudah disesuaikan dengan libur sekolah: 28 Juni 2018.


Melalui Kulari ke Pantai, Mira juga ingin memperkuat bahasa Indonesia yang sudah mulai dijadikan bahasa 'kedua' di kota-kota besar. Anak-anak di kota seperti Jakarta sekarang cenderung menggunakan bahasa asing, bahkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Di antara mereka bahkan mulai sulit berbahasa Indonesia. Film ini mengingatkan bahasa Indonesia itu indah sekali, keren, dan harus dipertahankan jangan sampai hilang," ucapnya.

Kulari ke Pantai mengisahkan perjalanan hidup yang kembali merangkul kekayaan alam dan budaya Indonesia, baik dari sisi masyarakat maupun anak-anak.


"[Kisahnya] Lebih tentang perjalanan sebenarnya. Perjalanan ibu dan anaknya, dari sebuah titik yang sangat urban menjelajah ke sebuah tempat di mana ada fenomena alam yang luar biasa di bagian ujung Jawa Timur," kata Riri Riza dalam kesempatan yang berbeda.

Riri menyebut, latar cerita Kulari ke Pantai akan mengambil perjalanan dari Jakarta ke sebuah taman nasional di Kabupaten Banyuwangi. Keindahan alam menjadi pemikat. (rsa)