FOTO: Menyambut Sang Surya di Piramida Matahari

AFP, Reuters, CNN Indonesia | Jumat, 23/03/2018 18:35 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Bagi sebagian orang, tradisi menyambut matahari musim semi saat ekuinoks mesti dilakukan di Piramida Matahari peninggalan Suku Aztec di Meksiko.

Bagi sebagian orang, tradisi menyambut matahari musim semi saat spring equinox mesti dilakukan di Piramida Matahari peninggalan Suku Aztec di Meksiko. (REUTERS/Edgard Garrido)
Kawasan Teotihuacan yang merupakan peninggalan Suku Aztec di Meksiko bukan hanya memiliki Piramida Matahari, namun juga Piramida Bulan. (AFP PHOTO / Pedro PARDO)
Momen permulaan musim semi atau spring equinox menarik berbagai orang untuk memanjat piramida kuno tersebut. (REUTERS/Edgard Garrido)
Di puncak Piramida Matahari, sebagian orang berkumpul bergandengan tangan dan memanjatkan doa. Mereka melakukan ritual tersebut juga untuk mendapatkan energi dari Sang Surya. (AFP PHOTO / Pedro PARDO)
Spring equinox merupakan momen ketika sumbu Bumi tidak terinklinasi dan pusat Matahari berada sejajar dengan katulistiwa. (AFP PHOTO / Pedro PARDO)
Menurut perhitungan astronomi, momentum equinoks ini jatuh pada dua tanggal, 20 Maret dan 22 September. (AFP PHOTO / Pedro PARDO)
Momen ekuinoks menjadi kegembiraan terutama bagi penduduk dengan empat musim karena panjang hari dan panjang malam relatif sama. (REUTERS/Edgard Garrido)
Suku Aztec membangun sejumlah bangunan suci di kawasan Teotihuacan yang disebut sebagai tempat kelahiran pada Dewa mereka. (REUTERS/Edgard Garrido)
Kawasan Teotihuacan diperkirakan mulai dibangun pada 300 SM dengan puncak kejayaan pada 300-600 Masehi. (AFP PHOTO / Pedro PARDO)
Meski kejayaan suku Aztec telah lama berlalu, namun tradisi mengharap energi dari matahari masih menurun lintas generasi. (REUTERS/Edgard Garrido)
Pada 2010, tercatat sekitar sejuta orang mendatangi kawasan ini sepanjang akhir pekan ketika bertepatan dengan ekuinoks. (AFP PHOTO / Pedro PARDO)
Masyarakat masih mendatangi piramida ini karena mengikuti tradisi, dan sebagian lainnya percaya ketika seseorang berdiri di atas piramida saat ekuinoks, maka gerbang energi akan terbuka. (AFP PHOTO / Pedro PARDO)