FOTO: Semburat Seni Truk Raksasa Thailand

AFP, CNN Indonesia | Sabtu, 24/03/2018 18:44 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Di Thailand, badan truk-truk raksasa bukan sekadar fungsi, tapi juga medium untuk mengoreskan seni serta simbol kekayaan para pengemudi.

Di sebuah pesta truk di provinsi Rayong, Thailand, para pengemudi dengan bangga memamerkan kendaraan mereka yang berhiaskan cermin dan pengeras suara. Suara musik pun lantang terdengar dari puluhan kendaraan yang berwarna-warni tersebut. (AFP PHOTO / LILLIAN SUWANRUMPHA)
Truk-truk ini berukuran raksasa dan memiliki 20 roda. Tubuh truk dihiasi lukisan yang bervariasi mulai dari gambar unicorn hingga Transformers. Penampilan truk tak mungkin membuat kepala tak menoleh. (AFP PHOTO / LILLIAN SUWANRUMPHA)
Para pengemudi tak segan untuk merogoh kantong hingga US$1600 untuk mendandani truk mereka pada tangan-tangan seniman berbakat. Mereka pun sering memamerkan hasil permak truk di media sosial. (AFP PHOTO / LILLIAN SUWANRUMPHA)
Selain menggunakan cat, truk-truk ini juga ada yang dihiasi oleh stiker, dengan desain bervariasi mulai dari pola bunga hingga robot anime Jepang Gundam. (AFP PHOTO / LILLIAN SUWANRUMPHA)
Truk-truk yang berwarna-warni ini membuat para pengemudi lebih berhati-hati lagi. Mereka tak ingin membuat kendaraan yang dibanggakan itu terluka karena goresan.  (AFP PHOTO / LILLIAN SUWANRUMPHA)
Selain itu, banyak pengemudi juga menggunakan truk berdesain mewah itu untuk menunjukkan kedalaman kocek mereka. (AFP PHOTO / LILLIAN SUWANRUMPHA)
Kehadiran truk-truk besar di Thailand sendiri menjadi kewajaran mengingat negara itu adalah penghubung antara Myanmar dan Laos, serta Kamboja dan Malaysia. (AFP PHOTO / LILLIAN SUWANRUMPHA)
Para pengemudi truk sendiri seringkali dipandang miring oleh masyarakat Thailand, dan dikait-kaitkan dengan narkoba. Mengubah tampilan truk membuat citra mereka juga terkatrol. (AFP PHOTO / LILLIAN SUWANRUMPHA)
Seorang pengemudi mengatakan bahwa salah satu mimpinya memiliki truk mewah. Rasa bangga menyeruak di dadanya ketika mendapat pujian atas keindahan kendaraannya. (AFP PHOTO / LILLIAN SUWANRUMPHA)
Seorang pengemudi duduk di dalam truknya yang dicat dengan desain khusus. Mengecat truk sendiri bisa membuat para pengemudi terhindar dari para pencuri bahan bakar. (AFP PHOTO / LILLIAN SUWANRUMPHA)
Tradisi mengecat truk sendiri bukan eksklusif milik para pengemudi di Thailand. Di Asia Tenggara, para pemilik kendaraan besar memang senang mempermak truk. (AFP PHOTO / LILLIAN SUWANRUMPHA)
Kesamaan hobi ini membuat ikatan di antara pengemudi truk semakin rekat. Pada profesi yang keras dan cukup mengundang bahaya ini, rasa persaudaraan membantu para pengemudi untuk menjalani hidup. (AFP PHOTO / LILLIAN SUWANRUMPHA)