'Nyawa' Made Indra dalam Navicula

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Senin, 26/03/2018 20:26 WIB
'Nyawa' Made Indra dalam Navicula Kepiawaian Made Indra dalam membetot bas mengisi 'nyawa' band Navicula. (Courtesy of Rio Wisesa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hampir setiap formasi band selalu membutuhkan pemain bas. Suara rendah dari alat musik bas yang dihasilkan pemain bas menjadi panduan alat musik lain selain drum.

Peran itu yang diemban Made Indra dalam band Navicula. Ia bermain bersama Gede Robi (vokalis), Dadang Pranoto (gitar) dan Gembull (drum) yang pada 2017 diganti oleh Palel Atmoko.

CNNIndonesia.com beberapa kali menyaksikan penampilan Made di atas panggung. Ia tak banyak bicara di atas panggung seperti Robi, tapi selalu menampilkan aksi yang luar biasa.



Made sering asik sendiri memainkan bas kala band beraliran grunge ini tampil. Mulai dari berdiri dengan bukaan langkah yang lebar, mengangguk sesuai irama sampai lompat-lompat di atas panggung.

Bahkan terkadang ia maju ke bibir panggung menunjukkan kemampuan bermain bas dengan nada yang cepat. Made selalu membuat penonton terpukau melihat aksinya.

[Gambas:Youtube]

Walau terlihat dingin diatas panggung, Indra sosok yang cukup aktif di media sosial. Ia cukup sering mengunggah foto lewat akun instagram @indramade_. Seperti ketika tangannya sobek satu hari sebelum manggung.

"Ada aja musibah, tangan kena besi dengan 4 jahitan dalam dan 9 jahitan luar, padahal besok ada gig," tulis Indra pada akun @indramade_.

[Gambas:Instagram]


Sama seperti Navicula, Made juga peduli terhadap lingkungan. Ia sering mengunggah berbagai kegiatan yang berkaitan dengan tolak reklamasi Teluk Benoa, Bali.

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Instagram]


Bersama Navicula, Made sudah melewati banyak hal. Mulai dari rekaman di studio bekas kamar tidur, rekaman di studio musik legendaris Record Plant Studio di Hollywood, sampai tur ke beberapa negara.

Siapa sangka, penampilan bersama Navicula di Kopernik Day di Ubud, Bali, menjadi penampilan terakhirnya. Ia bersama kekasihnya, Afiriana Dewi, dalam perjalanan pulang setelah penampilan tersebut pada Jumat (23/3) malam.

Mereka dibawa ke Rumah Sakit Ari Canti tak jauh dari lokasi festival musik tersebut. Dewi yang mengalami pendarahan di kepala tak tertolong sehingga meninggal dunia.

Kondisi Made kritis sejak kecelakaan itu. Navicula sempat menggalang dana untuk pengobatan Made.

[Gambas:Instagram]

Melalui akun @naviculamusic, band yang terbentuk pada 1996 itu mengatakan bahwa Indra sudah tak bernyawa pada pukul 18.25 WITA. Navicula kehilangan 'nyawa' Made lewat bas yang ia mainkan.

[Gambas:Instagram]

Bukan hanya Navicula, musisi Indonesia juga menyampaikan duka cita lewat media sosial.

Selamat jalan Made.

(res)


BACA JUGA