Studi: Nonton Pertunjukan Musik Reguler Bisa Perpanjang Usia

Resty Armenia, CNN Indonesia | Rabu, 28/03/2018 11:23 WIB
Studi: Nonton Pertunjukan Musik Reguler Bisa Perpanjang Usia Hasil studi terbaru menyatakan bahwa menonton pertunjukan musik secara reguler bisa memperpanjang usia dan meningkatkan kesejahteraan seseorang. (David Muharmansyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hasil studi terbaru menyatakan bahwa menonton pertunjukan musik secara reguler bisa memperpanjang usia dan meningkatkan kesejahteraan seseorang.

Kajian yang diselenggarakan oleh O2 dan dosen Goldsmith's University yang mengambil spesialisasi di ilmu tingkah laku manusia, Patrick Fagan, telah mendapat temuan yang cukup mengejutkan.

Menurut studi tersebut, merasakan satu pertunjukan musik selama 20 menit dapat meningkatkan kesejahteraan 21 persen. Riset lebih jauh mendapati sebuah hubungan langsung antara "level tinggi kesejahteraan [dan] perpanjangan usia sembilan tahun."



Oleh karenanya, studi tersebut menyatakan bahwa menikmatu musik secara langsung dapat membantu seseorang hidup lebih lama.

Alat tes psikometrik dan detak jantung yang dirancang tersendiri diberikan kepada sejumlah partisipan studi tersebut. Hasilnya, partisipan yang menghadiri sebuah pertunjukan musik itu mengalami peningkatan rasa menghargai diri sendiri (25 persen), kedekatan dengan orang lain (25 persen), dan stimulasi mental (75 persen).

Studi tersebut juga menemukan bahwa orang-orang yang menghadiri pertunjukan musik dua pekan sekali paling mungkin bisa mendapatkan "kebahagiaan, kepuasan, produktivitas, dan rasa percaya diri di level tertinggi."


Saat mengungkap hasil studinya, Fagan memuji dampak mendalam dari pertunjukan musik yang bisa dirasakan oleh manusia.

"Riset kami menunjukkan dampak mendalam yang diberikan pertunjukan musik pada kesehatan, kebahagiaan dan kesejahteraan--dengan [intensitas] kehadiran dua pekan sekali atau reguler sebagai kuncinya," ujarnya.

Ia pun mengungkapkan, "Menggabungkan seluruh temuan kami dengan riset O2, kami tiba di sebuah resep bahwa satu pertunjukan musik tiap dua pekan bisa membuka jalan perpanjangan usia hidup seseorang hampir satu dekade."

(res)