FOTO: Ritual Hindu Tamil di Serambi Mekkah

Anadolu Agency/Khalis Surry, CNN Indonesia | Senin, 09/04/2018 20:10 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Aceh memang disebut Serambi Mekkah, namun tak hanya orang Islam yang hidup di sana. Umat Hindu Tamil juga bisa melangsungkan dengan khidmat ritualnya.

Aceh boleh dikenal sebagai Serambi Mekkah. Namun daerah itu juga punya sekelumit umat Hindu, yang setiap bulan purnama pertama pada bulan Thai di kalender Tamil merayakan Thaipoosam alias Thaipusam. (Khalis Surry - Anadolu Agency)
Thaipusam merupakan kombinasi nama bulan, Thai dan bintang Pusam yang saat perayaan itu berada pada titik tertinggi. Yang dirayakan adalah momen saat Parvati memberikan tombak kepada Murugan untuk mengalahkan Soorapadman. Disebut pula itu hari lahir Murugan. (Khalis Surry - Anadolu Agency)
Di Aceh, Thaipusam diselenggarakan di Kuil Palani Andawa Gampong Peulanggahan. Umat Hindu beribadah di kuil, lalu mengarak arca Dewa Muruga melintasi jalanan Aceh. Saat beribadah, musik etnis khas India dan atraksi barongsai mengiringi. (Khalis Surry - Anadolu Agency)
Arca yang diarak kemudian berhenti di tepi Krueng Aceh, sungai yang membelah kota Banda Aceh. Di sana, umat Hindu berdoa dan meminta segala macam, mulai kesembuhan anggota keluarga sampai kesuksesan mereka. (Khalis Surry - Anadolu Agency)
Pengarakan arca itu merupakan momen sakral yang menandakan penghormatan terhadap Dewa Muruga. Saat itu pula ada ritual ekstrem. Para umat Hindu menusuk kening, pipi serta badan mereka dengan jarum dan busur panah besi. (Khalis Surry - Anadolu Agency)
Ritual itu berguna untuk membersihkan sungai maupun Aceh sendiri. Ritual juga mendoakan agar Aceh selalu terhindar dari bahaya dan musibah. (Khalis Surry - Anadolu Agency)
Umat Hindu di Gamping Peulanggahan Aceh yang mengikuti ritual itu memang tergolong minoritas, mereka hanya berjumlah belasan orang. Meski begitu, ritual tetap diramaikan ratusan masyarakat yang menyaksikan sembari mengabadikan momen itu. (Khalis Surry - Anadolu Agency)
Ritual itu pun menjadi salah satu daya tarik wisata di Aceh. Menonton ritual itu, wisatawan juga melihat betapa umat Islam dan Hindu, mayoritas dan minoritas di Serambi Mekkah, bisa tetap hidup berdampingan bahkan saling menghormati. (Khalis Surry - Anadolu Agency)