Kelompok Penerbang Roket Bersiap 'Menuju Galaksi Palapa'

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Selasa, 10/04/2018 20:05 WIB
Kelompok Penerbang Roket Bersiap 'Menuju Galaksi Palapa' Kelompok Penerbang Roket (KPR) akan merilis film dokumenter 'Menuju Galaksi Palapa.' (CNN Indonesia/M Andika Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kelompok Penerbang Roket (KPR) akan merilis film dokumenter bertajuk Menuju Galaksi Palapa. Film itu mengisahkan perjalanan KPR membuat mini album Galaksi Palapa.

Pemegang kendali vokal dan bas John Paul Patton (Coki) menjelaskan ide pembuatan film datang karena KPR akan merekam ulang materi Galaksi Palapa yang sempat direkam pada 2015. Kemudian band beraliran rock itu bertemu dengan sutradara Hasbi Sipatuhar pada Agustus tahun lalu.

"Selain itu, lingkaran pertemanan kami banyak orang kreatif sampai akhirnya muncul ide ini. Kemudian akhir 2017 kami sepakat buat film dokumenter," kata Coki saat jumpa media di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (10/4).



Coki mengatakan rekaman ulang dilakukan di Musica's Studio pada awal November lalu. KPR menghabiskan waktu dua hari untuk merekam ulang materi mini album Galaksi Palapa.

Selama proses rekaman itu, Hasbi beraksi di balik kamera. Ia mengabadikan momen personel KPR merekam lagu yang diproduseri Jaya (Abah), mantan gitaris Roxx.

"Mulai edit video di awal Desember, kadang mengambil gambar KPR manggung, juga buat dimasukkan ke film. Kemudian Januari, film sudah beres semua," kata Hasbi.

Sutradara yang pernah menggarap film dokumenter tur The Sigit ini mengaku tidak menemukan kesulitan selama pembuatan Menuju Galaksi Palapa. Satu-satunya kendala adalah Hasbi yang belum mengenal dekat personel KPR, tapi itu teratasi ketika mereka bertemu.

"Saya tahu KPR, tapi enggak mendengarkan lagu mereka. Ketika mendengarkan, saya setuju membuat film ini. Sejak kenal pada Agustus saya langsung mendekatkan diri dengan personel KPR," kata Hasbi.


Hampir setiap hari Hasbi mendengarkan lagu-lagu dalam Galaksi Palapa agar memahami konsep mini album tersebut. Coki mengatakan dalam mini album tersebut terdapat cerita tentang tiga astronaut yang berkelana menuju Galaksi Palapa.

Tiga antariksawan, kata Coki, melakukan perjalanan tersebut lantaran bumi sudah tak layak untuk ditempati. Akhirnya, mereka menemukan tempat tinggal di Galaksi Palapa dan memberi tahu kepada penduduk bumi.

"Dari semua lagu yang saya dengarkan, saya merasa lagu bertajuk Alfa Omega yang paling membuat saya merasa di galaksi. Penggalan lagu itu sangat cocok untuk menjadi suara latar suatu adegan film dokumenter," kata Hasbi.

Kurnia Bayu Aji dari Berita Angkasa Records, label yang menaungi KPR, mengatakan sebelumnya berencana membuat film dokumenter biografi. Namun hal itu urung dilakukan karena film dokumenter pembuatan mini album dirasa lebih tepat.

Menuju Galaksi Palapa akan tayang perdana pada Senin (16/4) pekan depan di CGV Grand Indonesia. Setelah itu, film ini akan tayang secara berturut di kota Balikpapan, Depok, Yogyakarta, Surabaya, Bekasi, Makassar, Medan, Palembang dan Bandung.

(res)