'Ip Man' Bakal Bintangi Film Live Action 'Mulan'

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Jumat, 13/04/2018 05:55 WIB
'Ip Man' Bakal Bintangi Film <i>Live Action</i> 'Mulan' Donnie Yen akan berperan dalam film live action 'Mulan.' (REUTERS/Mario Anzuoni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bintang laga Donnie Yen dilaporkan akan berperan dalam film live action Mulan. Aktor yang identik dengan karakter Ip Man itu akan berperan sebagai Commander Tung.

Melansir Deadline, Commander Tung merupakan mentor dan guru Mulan. Karakter Mulan sendiri akan diperankan oleh aktris kondang asal China, Liu Yifei.

Belum diketahui pasti seperti apa sosok Commander Tung dalam film live action Mulan. Pasalnya karakter itu tidak ada dalam film animasi pertama Mulan pada 1998.



Meski demikian, Donnie dikenal sebagai aktor yang pandai bela diri. Kepiawaian Donnie di aksi laga bisa terlihat di serial film Ip Man, The Fate of the Furious, dan film laga lainnya.

Live action Mulan akan menjadi film Disney kedua Donnie sepanjang kariernya. Pada 2016, ia pernah berperan sebagai Chirrut Imwe pada film Star Wars: Rogue One.

Film adaptasi animasi yang kental dengan budaya China itu dijadwalkan tayang Maret 2020. Niki Cari dipercaya sebagai sutradara, ditemani Lauren Hynek, Rick Jaffa, Elizabeth Martin dan Amanda Silver sebagai penulis naskah.


Plot cerita live action Mulan tetap berdasarkan film animasi yang sempat masuk nominasi Oscar 1998 itu. Saat itu, Mulan ditangani sutradara Tony Bancroft dan Barry Cook, sementara Ming-Na Wen dan BD Wong menjadi pengisi suara.

Film yang dibuat berdasarkan legenda klasik China Fa Mulan itu bercerita tentang petualangan gadis muda yang diam-diam mengambil peran ayahnya ketika sakit untuk melawan serangan Huns. Dia menyamar sebagai bocah laki-laki sampai perangainya diketahui sang kapten Li Sang. Ia pun dikeluarkan dari pasukan.

Meski demikian, ia tak menyerah dan bertekad menunjukkan kemampuannya dengan baik. Sebab, menjadi pasukan, disadarinya merupakan sebuah 'panggilan.'

Mulan bukan sinema pertama yang diproduksi kembali oleh Disney dalam bentuk live action. Film-film mereka biasanya didukung CGI yang canggih. Disney telah membuktikan itu lewat Maleficent, The Jungle Book, Cinderella, Pete's Dragon, dan Alice in Wonderland yang telah dirilis lebih dulu.

(res)