Ulasan Film Dokumenter

Cara Apik Kelompok Penerbang Roket 'Menuju Galaksi Palapa'

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Rabu, 18/04/2018 14:00 WIB
Cara Apik Kelompok Penerbang Roket 'Menuju Galaksi Palapa' Band Kelompok Penerbang Roket memilih mengisahkan perjalanan mereka memproduksi album mini 'Galaksi Palapa' dengan dokumenter 'Menuju Galaksi Palapa'. (dok. Berita Angkasa Records)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada banyak cara mempromosikan sebuah karya. Bagi Kelompok Penerbang Roket (KPR), film dokumenter dipilih sebagai bagian dari perilisan album mini mereka yang bertajuk Galaksi Palapa.

Film dokumenter 24 menit yang bertajuk Menuju Galaksi Palapa tersebut mengisahkan aksi John Paul Patton alias Coki (vokal/bas), Rey Marshal (gitar) dan I Gusti Gede Vikranta alias Viki (drum) di studio dalam membuat album mini mereka.

Sederhana namun bermakna nampaknya menjadi frasa yang tepat mendeskripsikan Menuju Galaksi Palapa. Durasi film yang tidak lama, konten yang tidak berat, tapi pesan berhasil tersampaikan dengan baik.



Sutradara Hasbi Sipatuhar juga menjahit gambar demi gambar menjadi satu rangkaian yang tepat.

Hasbi memulai film dokumenter ini dengan perkenalan personel secara tidak langsung, sedikit cerita tentang pembuatan album perdana Teriakan Bocah, sampai proses rekaman materi mini album Galaksi Palapa.

Hasbi juga mengisahkan perjalanan KPR dari awal terbentuk hingga menghasilkan Galaksi Palapa dengan cukup baik tanpa membuatnya terasa membosankan.

Transformasi KPR dari band yang memiliki standar underground  untuk rekaman sampai memiliki standar tinggi ketika berproses di studio, ditunjukkan dengan apik.


Bukan hanya berperan sebagai sutradara, Hasbi juga berperan sebagai orang yang menyusun suara latar. Ia memilih lagu-lagu KPR dalam mini album Galaksi Palapa sebagai suara latar, salah satunya lagu bertajuk serupa.

Pemilihan lagu-lagu KPR sebagai suara latar merupakan keputusan yang tepat. Walau belum dirilis, lagu beraliran rock itu identik dengan KPR hingga membuat unsur kedekatan dengan penonton.

Secara keseluruhan, film dokumenter Menuju Galaksi Palapa menjadi bukti bahwa film dokumenter band tak melulu soal profil. Pembuatan album bisa menjadi film dokumenter dengan eksekusi yang tepat dan terukur.

Angka 7,5 dari 10 layak diberikan pada film dokumenter perdana KPR, Menuju Galaksi Palapa, karena menjadi penyegar ranah musik independen di Indonesia.

[Gambas:Youtube] (end)