FOTO: Bernostalgia dengan Rekaman Fisik di Record Store Day

Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Sabtu, 21/04/2018 20:19 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Di tengah dominasi format digital, pecinta musik setiap tahun terus diingatkan akan keberadaan rekaman yang dirilis dalam bentuk fisik lewat Record Store Day.

Di tengah dominasi format digital, pecinta musik di seluruh dunia setiap tahunnya terus diingatkan akan keberadaan rekaman yang dirilis dalam bentuk fisik lewat Record Store Day. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Di Jakarta, peringatan yang diselenggarakan setiap minggu ketiga bulan April ini dirayakan di Kuningan City, lewat pertunjukan musik, diskusi dan rilisan fisik yang melimpah. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Salah satu di antaranya adalah Gemalara yang menyumbang penampilan live dan merilis dua single bertajuk Gemuruh dan Sepi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Selain itu, ada pula band RISE yang tampil di RSD 2018. Berbeda dari sebelumnya, peringatan kali ini juga akan ada album kompilasi dari para musisi yang belum sempat merilis album sendiri. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Tahun ini menjadi ketujuh kalinya Indonesia ikut merayakan Record Store Day. Acara masih akan digelar sampai Minggu (22/4). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Dalam foto ini, tampak para pengunjung yang mengamati kaset, piringan hitam dan CD musik di RSD 2018 Jakarta, Sabtu (21/4). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Acara ini juga diramaikan dengan kios musik yang mengisi booth-booth, seperti tampak di foto ini. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Tercatat tahun ini ada 47 rilisan spesial di RSD 2018 dari berbagai musisi Indonesia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
RSD memang menjadi pengingat bagi rilisan fisik, di tengah musik digital yang kini merajalela. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Karena itu, hari itu seolah juga menjadi momen paling tepat bagi musisi untuk merilis karya barunya. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)