Serial Novel 'Samaran' JK Rowling Bisa Ditonton Bulan Ini

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Jumat, 04/05/2018 06:43 WIB
Serial Novel 'Samaran' JK Rowling Bisa Ditonton Bulan Ini Novel Robert Galbraith alias JK Rowling dijadikan miniseri di Cinemax (Dok. HBO Asia)
Jakarta, CNN Indonesia -- JK Rowling menghasilkan tiga novel seri detektif di bawah nama samaran Robert Galbraith. Novel-novel dengan tokoh utama Cormoran Strike itu akan dijadikan miniseri.

Berdasarkan siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com pada Kamis (3/5), ketiga novel itu akan dipadatkan menjadi tujuh episode, yang dimulai pada Sabtu (12/5) mendatang. Seri itu akan berlanjut setiap pekan pukul 21.00 WIB di Cinemax dan tersedia di HBO on Demand.

The Cuckoo's Calling, novel pertama Rowling sebagai Galbraith-yang bercerita tentang pengungkapan pembunuhan supermodel Lula Laundry dan akhirnya mengangkat nama Strike sebagai detektif nyentrik tapi cukup ternama-akan dibagi menjadi tiga episode.



Novel selanjutnya, The Silkworm yang mengisahkan pembunuhan sadis seorang penulis-modus pembunuhannya disesuaikan dengan cerita dalam novelnya-dibagi menjadi dua episode.

Demikian pula untuk novel ketiga, Career of Evil di mana Robin-asisten Strike-menerima paket mengerikan berupa sepotong kaki gadis remaja. Novel itu pun dijadikan dua episode.

JK Rowling penulis 'Harry Potter' menulis novel detektif di bawah nama Robert Galbraith, yang karyanya sekarang dijadikan serial pendek.JK Rowling penulis 'Harry Potter' menulis novel detektif di bawah nama Robert Galbraith, yang karyanya sekarang dijadikan serial pendek. (AFP PHOTO / Justin TALLIS)
Masing-masing episode ditulis dan disutradarai oleh orang yang berbeda-beda.


Ben Richards kebagian menulis The Cuckoo's Calling, ditemani sutradara Michael Keillor. Tom Edge yang menulis Lovesick dan Crown kedapatan menggarap naskah untuk The Silkworm dan Career of Evil. Di The Silkworm ia bekerja sama dengan sutradara Kieron Hawkes, sementara untuk Career of Evil ia dibantu sutradara Charles Sturridge.

Rowling sendiri ikut menjadi produser eksekutif untuk setiap episode.

Lantas, siapa kah yang memerankan detektif berkaki palsu yang jalannya terkadang pincang dan asistennya yang menawan itu? Strike dimainkan oleh aktor Tom Burke, yang sebelumnya terkenal lewat The Musketeers dan War & Peace. Robin diperankan Holliday Grainger.


Matthew yang merupakan tunangan Robin, diperankan Kerr Logan yang juga ada di Game of Thrones dan Alias Grace. Ben Crompton dari Game of Thrones juga berperan, jadi Shanker yang merupakan salah satu teman Strike dalam serial pendek bertajuk C.B. Strike itu.

Strike sendiri, selain diceritakan sebagai detektif berkaki palsu, juga merupakan veteran perang. Dengan kehidupan pribadi yang misterius dan acak-acakan, ia tinggal di kantor kecilnya yang terletak di Denmark Street, London. Latar belakangnya sebagai penyelidik militer mampu menangkap petunjuk kasus yang luput dari mata polisi.

Galbraith dijadikan nama samaran bagi Rowling, disebut-sebut karena dengan nama itu ia akan lebih membuatnya dipercaya dan sukses menulis novel detektif, tak lagi di bawah bayang-bayang Harry Potter yang membuatnya jadi penulis terkaya. Identitas Rowling terkuak karena bocoran dari salah satu temannya.

(rsa)