FOTO: Solek Cannes Film Festival 2018

Reuters, CNN Indonesia | Selasa, 08/05/2018 07:53 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Kota Cannes, Prancis tengah bersolek untuk Cannes Film Festival yang ke-71 yang digelar mulai Selasa (8/5) hingga Sabtu (19/5) ini.

Kota Cannes, Prancis membuka pintunya mulai Selasa (8/5) hingga Sabtu (19/5) untuk festival film internasional ke-71. Ini adalah ajang tahunan bergengsi bagi kalangan sineas global. (REUTERS/Regis Duvignau)
Tahun ini, aktris asal Australia Cate Blanchett didapuk sebagai pimpinan juri Cannes Film Festival. Selain itu, aktris Kristen Steward dan Lea Seydoux juga mengisi bangku juri kompetisi ini. (REUTERS/Regis Duvignau)
'Solo: A Star Wars Story' akan menjadi satu-satunya film Hollywood yang ditayangkan selama dua pekan. Film itu bahkan sudah ditayangkan di Los Angeles, AS. (REUTERS/Eric Gaillard)
Drama thriller berbahasa Spanyol garapan sutradara Asghar Farhadi, 'Everybody Knows (Todos lo Saben),' dipilih sebagai film pembuka pada festival ini, sekaligus bertarung untuk memenangkan kompetisi utama. (REUTERS/Stephane Mahe)
Poster resmi Cannes Film Festival 2018 menampilkan foto Jean-Paul Belmondo dan Anna Karina dari film Jean-Luc Godard, Pierrot le Fou (1965). (REUTERS/Regis Duvignau)
Melalui sebuah pernyataan resmi, panitia mengungkap bahwa pemilihan poster ini merupakan bentuk apresiasi atas karya fotografer Prancis, Georges Pierre. (REUTERS/Eric Gaillard TPX IMAGES OF THE DAY)
Ada 21 film yang mengikuti kompetisi utama dan sejumlah lainnya bersaing untuk penghargaan lain, serta penayangan di luar kompetisi. (REUTERS/Eric Gaillard)
Beberapa film yang paling ditunggu termasuk 'Everybody Knows (Todos lo Saben),' 'The House That Jack Built,' 'BlacKkKlansman,' 'The Man who Killed Don Quixote,' dan 'Leto (The Summer)/3 Faces.' (REUTERS/Jean-Paul Pelissier)
Tahun ini ada beberapa kondisi yang akan terjadi di Cannes, yakni tidak ada swafoto, tidak ada keterlibatan film-film Netflix, tidak ada penayangan bagi media pra-acara, dan tidak ada Harvey Weinstein. (REUTERS/Jean-Paul Pelissier)
Peraturan untuk tidak melakukan melakukan swafoto telah diterapkan sejak 2015. Menurut General Delegate Cannes Film Festival Thierry Frémaux, foto-foto itu konyol dan aneh, serta memperlambat prosesi karpet merah. (REUTERS/Regis Duvignau)
Meski demikian, sejumlah tamu masih melanggar peraturan ini. Banyak undangan yang terlihat berswafoto di atas tangga menuju Grand Théâtre Lumière. (REUTERS/Eric Gaillard)
Ini juga akan menjadi tahun pertama Cannes tanpa kehadiran Harvey Weinstein, konglomerat film yang sekarang menjadi subjek tuduhan pelecehan seksual yang telah mengguncang industri film global. (REUTERS/Regis Duvignau)