FOTO: Warna-warni Isi Kepala Yayoi Kusama

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Selasa, 08/05/2018 21:14 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Yayoi Kusama, seniman asal Jepang yang identik dengan Infinity Mirrored Room dan instalasi labu polkadot kuning hitam, pameran di Jakarta, Mei sampai September.

Museum MACAN Jakarta ‘dikepung’ balon-balon besar bermotif polkadot warna kuning hitam. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Balon-balon itu seperti labu besar yang selama ini terpampang di Gandaria City, Jakarta. Yayoi Kusama, demikian tertulis dalam keterangan di labu itu. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Seniman di balik labu itu, Yayoi Kusama, yang memang identik dengan polkadot dan labu warna kuning hitam, akan berpameran di Museum MACAN, 12 Mei hingga 9 September 2018. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Sebanyak lebih dari 130 karya seniman yang masih hidup dan berkarya di Jepang itu bakal dipampang, membiarkan pengunjung menyelami 70 tahun kariernya sejak era 1950-an. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Keseluruhan pameran itu menyuguhkan kontemplasi hidup Yayoi selama ia masih di Jepang, hijrah ke Amerika, sampai kembali ke Jepang dan masih berkarya hingga kini. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Dari karya-karya itu pengunjung dapat melihat ketertarikan sang seniman terhadap elemen-elemen yang berhubungan dengan kondisi tak berbatas, pengulangan dan bayangan. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Beberapa karya juga menyimpan keputusasaan, menampilkan kesuraman yang terlihat dari garis-garis hitam putih, sampai mengesankan keceriaan dengan polkadot dan warna-warni. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Di awal, pengunjung disambut oleh instalasi labu khas Yayoi, dengan sejumlah bola bermotif polkadot warna hitam dan kuning yang dinamai Dots Obsessions. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Setelahnya, ada instalasi bertajuk Narcissus Garden, karya yang menyuguhkan 1.500 bola yang terbuat dari stainless steel dan pertama kali ditampilkan di Venice Biennale 1965. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Ada pula ruang interaktif bernama Obliteration Room, yang membiarkan pengunjung menempeli seluruh ruangan bernuansa putih itu dengan stiker warna-warni. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Infinity Mirrored Room yang lebih dulu dipamerkan di Museum MACAN sejak November tahun lalu kembali menjadi suguhan utama pada pameran ini. Pengunjung mengular mengantre itu. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Ini adalah pameran ketiga Yayoi yang bertajuk ‘YAYOI KUSAMA: LIFE IS THE HEART OF A RAINBOW’ setelah di Singapura dan Australia. Pengunjung akan dikenai biaya tiket seharga Rp100 ribu (dewasa), Rp90 ribu (mahasiswa) dan Rp80 ribu (anak-anak) untuk masuk pameran. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)