Pemandu Acara Mistis Ikonis, Harry Pantja sampai Roy Kiyoshi

Resty Armenia, CNN Indonesia | Kamis, 17/05/2018 13:43 WIB
Kesuksesan program televisi yang sarat unsur mistis dan takhayul tak bisa lepas dari kerja keras para pemandu acara ikonis, seperti Roy Kiyoshi. (CNN Indonesia/Aulia Bintang Pratama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kesuksesan program-program televisi yang sarat unsur mistis dan takhayul tak bisa lepas dari kerja keras para pemandu acara yang ikonis.

Sosok mereka ditampilkan dengan misterius, intonasi bicaranya dibuat dramatis, dan seringkali busana mereka didominasi warna gelap. Semua diatur agar semakin menarik perhatian pemirsa.

Dari sekian banyak pembawa acara yang pernah didapuk untuk memandu program misteri, berikut lima di antaranya yang paling ikonis:


Harry Pantja membawakan acara misteri hit 'Dunia Lain.'Harry Pantja membawakan acara misteri hit 'Dunia Lain.' (Courtesy of Dunialain Transvision)

1. Harry Pantja (Dunia Lain)

Harry Pantja identik dengan acara dunia mistis. Ia memulai kariernya dengan membintangi film Jelangkung (2001), dilanjutkan dengan Andai Ia Tahu (2002). Namun, namanya dikenal luas saat memandu acara Dunia Lain yang disiarkan Trans TV sejak 2003.

Dunia Lain sendiri menjadi salah satu pelopor acara realitas yang bertema supernatural di Indonesia. Program ini berhasil mencuri hati penonton, sehingga memperoleh rating pemirsa yang amat tinggi.


Kepopuleran acara ini tak lepas dari peran Harry yang memandu segmen Uji Nyali. Ia, yang tampil dengan kepala plontos dan jubah hitam, berada di lokasi angker dengan para kontestan dan paranormal.

Selain membawakan acara, Harry juga menunggu jalannya Uji Nyali. Jika peserta ada yang melambaikan tangan ke kamera atau terlihat tak mampu bertahan hingga matahari terbit, maka Harry bertugas untuk bergegas menghampiri lokasi beserta timnya untuk menyelamatkan peserta.

2. Caroline Zachrie (Kismis/Kisah-Kisah Misteri)

Caroline Zachrie membawakan program berbau mistis Kisah-Kisah Misteri (Kismis) pada 2003. Acara yang tayang setiap Kamis pukul 21.00 WIB ini mengangkat seputar misteri yang melegenda.

[Gambas:Instagram]

Gaya bicara Caroline yang dramatis saat memaparkan sinopsis cerita misteri yang akan disuguhkan Kismis meninggalkan kesan tersendiri bagi pemirsa. Namanya semakin terkenal usai membawakan acara itu.

Setelah acara yang disiarkan RCTI tersebut dihentikan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Caroline kemudian menjadi pembawa acara Insert Investigasi di Trans TV. Di program itu, ia membacakan berita-berita terkait dunia hiburan secara mendalam dengan intonasi bicara yang juga tak kalah dramatis.

3. Torro Margens (Gentayangan/Uka-Uka)

Torro Margens membawakan acara Gentayangan yang disiarkan TPI (kini MNC) pada 2005. Acara ini lebih terkenal dengan julukan Uka-Uka karena salah satu segmennya, yang serupa dengan Uji Nyali di Dunia Lain, diberi nama uji keberanian atau disingkat UK alias Uka.


Hampir serupa dengan Harry Pantja, Torro juga tampil dengan balutan jubah atau pakaian serba hitam. Pria bernama asli Sutoro Margono ini pun selalu melafalkan nama segmennya dengan dramatis.

Selain Uka-Uka, di mata publik Torro identik dengan citra sebagai aktor 'jahat.' Dia memang acapkali melakoni karakter antagonis di setiap proyek film atau sinetron yang diambilnya.

Terakhir, Torro bermain di film Night Bus (2017), Ruqyah: The Exorcism (2017), dan Love For Sale (2018). (res)


1 dari 2


BACA JUGA