Han Solo, Penyelundup Galaksi dan Penakluk Hati Putri

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Selasa, 22/05/2018 19:40 WIB
Han Solo, Penyelundup Galaksi dan Penakluk Hati Putri Han Solo sudah muncul di Star Wars sejak 1977. (dok. Lucasfilm via IMDB)
Jakarta, CNN Indonesia -- Suara instrumen brass section mengiringi Luke Skywalker (Mark Hamill) memasuki sebuah kelab di Mos Eisley, Planet Tatooine. Ia menemani Obi-Wan Kenobi (Alec Guinness) mencari seorang pilot dengan pesawat yang cepat. Atau bisa dikatakan ia mencari penyelundup andal.

Luke dan Kenobi lantas bertemu dengan Han Solo (Harrison Ford). Mereka minta diantarkan ke Alderaan System untuk suatu misi. Han merasa misi itu berisiko sehingga meminta bayaran 10.000 kredit. Alih-alih menolak, Kenobi malah menyanggupi bayaran 17.000 kredit.

Adegan itu adalah pertama kalinya penonton diperkenalkan pada Han Solo dalam film Star Wars: A New Hope (1977). Dari pertama muncul, Han sudah menyombongkan kemampuannya.



Misi yang dijalankan Kenobi itu adalah untuk menyelamatkan Princess Leia Organa yang disekap oleh Galactic Empire yang dipimpin seorang Sith. Menyelamatkan Leia penting, lantaran ia memiliki cetak biru Death Star (markas Galactic Empire).

Itu adalah kunci mengetahui kelemahan Death Star.

Han membuktikan kemampuannya dengan sampai ke Alderaan tepat waktu. Ia juga berhasil menyelundupkan Kenobi dan Luke ke dalam Death Star. Kemudian Luke dan Han menyamar jadi Stromtrooper (pasukan Death Star) untuk mencari Leia, meski banyak rintangan.

Han Solo menyelamatkan Putri Leia dan membuatnya jatuh cinta.Han Solo menyelamatkan Putri Leia dan membuatnya jatuh cinta. (Dok. Lucas Film)
Dengan beberapa perlawanan, mereka berhasil menyelesaikan misi dan menyelamatkan Leia.

Secara tidak sengaja misi itu membawa Han membantu Rebel Alliance melawan Galactic Empire. Han si penyelundup pun secara tidak langsung berubah menjadi pejuang perang.

Itu membuatnya semakin sering bertemu Leia, yang didapuk sebagai Jenderal Rebel Alliance. Han sudah menatap Leia dengan cara berbeda sejak pertama bertemu. Ia seperti terpikat dan luluh, namun menyangkal. Ia mengaku tak suka karakter yang dimainkan Carrie Fisher itu.


Seiring berjalannya waktu, cinta di antara Han dan Leia makin tumbuh. Han behasil menaklukkan hati Leia dengan ketengilannya. Siapa sangka seorang penyelundup urakan sepertinta bisa menaklukkan hati seorang putri. Leia bahkan lebih dulu menyatakan cinta.

"I love you," kata Leia kepada Han.

Bukan membalas 'I love you too,' Han malah cuma berkata, "I know."

Carrie Fisher yang meninggal beberapa waktu lalu masih memerankan Princess Leia sampai usia senja.Carrie Fisher yang meninggal beberapa waktu lalu masih memerankan Princess Leia sampai usia senja. (REUTERS/Stringer)
Kisah percintaan Han dan Leia menjadi bumbu perang bintang sampai Star Wars: Empire Strikes Back (1980) dan Star Wars: Return of The Jedi (1983). Mereka akhirnya menikah dan memiliki anak bernama Ben Solo di film Star Wars: The Force Awakens (2015).

Ben dilatih oleh Luke untuk menjadi seorang jedi. Sayang, Ben beralih ke Dark Side dan mengubah nama menjadi Kylo Ren. Ia bahkan membunuh ayahnya sendiri dengan lightsaber.

Riwayat Han memang tamat. Ia tak muncul lagi di Star Wars: The Last Jedi (2017). Namun LucasFilm tak begitu saja membuat mencerabut Han yang banyak digemari penonton, dari ceritanya. Asal-usul salah satu karakter ikonis Star Wars itu lantas diulik.


Selama ini memang belum pernah dijelaskan asal usul Han.

Film terbaru LucasFilm dan Disney, Solo: A Star Wars Story pun muncul menjawab pertanyaan itu. Diperankan Alden Ehrenreich, film itu bercerita tentang masa muda Han yang hidup di dunia kriminal. Film itu juga mengungkap pertemuannya dengan Millennium Falcon.

Tak hanya itu, Solo: A Star Wars Story juga mengisahkan pertemuan Han dengan penyelundup Lando Calrissian (Donald Glover) dan sahabat setianya, Chewbacca (Joonas Suotamo).

Han Solo muda di 'Solo: A Star Wars Story.'Han Solo muda di 'Solo: A Star Wars Story.' (Dok. Star Wars via Youtube)
(rsa)