Morgan Freeman Dituduh Lecehkan Sejumlah Wanita

Resty Armenia, CNN Indonesia | Jumat, 25/05/2018 07:52 WIB
Morgan Freeman Dituduh Lecehkan Sejumlah Wanita Morgan Freeman dituduh melakukan pelecehan seksual dan tindakan tak senonoh kepada sejumlah wanita. (REUTERS/Carlo Allegri/File Photo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktor Morgan Freeman dituduh melakukan pelecehan seksual dan tindakan tak senonoh kepada sejumlah wanita, baik di lokasi syuting maupun di rumah produksi miliknya.

Setelah melakukan investigasi selama sebulan, CNN merilis sebuah laporan baru pada Kamis (24/5) di mana 16 orang berbagi tuduhan melawan Freeman. Delapan wanita di antara belasan orang itu mengaku menjadi korban "sentuhan yang tak diinginkan" oleh sang aktor.

Salah satu dari delapan wanita itu adalah asisten produksi film Going in Style yang dibintangi Freeman bersama Alan Arkin dan Michael Caine pada 2015.



Wanita yang tak mau mengungkap namanya ini mengatakan kepada CNN bahwa ia dilecehkan selama berbulan-bulan hampir setiap hari saat proses produksi film itu berlangsung. Freeman juga meletakkan tangannya atau menggosok punggung bagian bawahnya.

"Dia [Freeman] terus mencoba untuk menyingkap rok saya dan bertanya apakah saya mengenakan celana dalam," ujar wanita itu.

Meski gagal, aktor pemenang Oscar itu terus mencoba melakukan tindakan tak pantas itu hingga pada satu titik di mana Alan Arkin meminta Freeman untuk berhenti.

"Alan berkomentar agar memberitahu [Freeman] untuk berhenti. Morgan ketakutan dan tidak tahu harus mengatakan apa," imbuh wanita itu.


Seorang anggota senior staf produksi film Now You See Me yang dibintangi Freeman mengungkap kepada CNN bahwa sang aktor melakukan pelecehan seksual kepadanya dan asisten wanitanya di sejumlah kesempatan dengan berkomentar mengenai tubuh mereka.

"Dia berkomentar soal tubuh kami... Kami tahu bahwa jika dia datang... [jika kami] tidak mengenakan pakaian atasan yang memperlihatkan payudara kami, tidak memakai apapun yang menunjukkan bokong kami, berarti [kami] tidak memakai pakaian yang pas," katanya.

Dari keenambelas orang itu, tujuh di antaranya menggambarkan lingkungan kerja di perusahaan produksi milik Freeman, Revelations Entertainment, yang termasuk tuduhan pelecehan atau tindakan tak pantas oleh sang aktor. Salah satu kejadiannya disebut disaksikan langsung oleh rekan Freeman, Lori McCreary.

Tak berhenti di sana, empat orang yang bekerja di kapasitas produksi set film dengan Freeman selama lebih dari satu dekade menyebut bintang yang kini berusia 80 tahun itu berulang kali melakukan tindakan yang membuat wanita merasa tidak nyaman di tempat kerja.

(res)