Iqbaal Ramadhan Baru Puasa setelah Pulang dari Amerika

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Sabtu, 26/05/2018 05:35 WIB
Iqbaal Ramadhan Baru Puasa setelah Pulang dari Amerika Iqbaal Ramadhan mengaku baru dua hari puasa Ramadan. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Yogyakarta, CNN Indonesia -- Iqbaal Ramadhan baru dua hari berpuasa meski Ramadan sudah menginjak hari kedelapan. Mantan personel Coboy Junior itu mengaku, selama di Amerika Serikat ia tidak berpuasa.

"Ini baru puasa kedua," katanya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (24/5) kemarin.

Iqbaal punya alasan khusus mengapa ia tak menjalani kewajiban sebagai umat Muslim di pekan pertama Ramadan tahun ini. Sebab, katanya, ia masih menjalani ujian akhir.



"Pas mulai puasa itu lagi ujian. Mulai tanggal 17 ya? Iya masih ujian, terus dua hari kemudian wisuda, enggak puasa. Sesudah wisuda besoknya jalan-jalan, dua hari enggak puasa. Jadi sampai sini baru puasa," ujar Iqbaal menerangkan kegiatannya selama Ramadan.

Aktor Dilan 1990 itu memang baru saja lulus dari United World Colleges (UWC), Amerika Serikat. Itu merupakan Sekolah Menengah Atas dengan pelajar dari seluruh belahan dunia.

Usai menyelesaikan sekolahnya di Amerika, Iqbaal langsung disibukkan dengan persiapan film Bumi Manusia yang diarahkan sutradara Hanung Bramantyo. Di film itu, ia didapuk sebagai pemeran utama, Minke, seorang anak pribumi yang sekolah di HBS.


Pada masa itu, yang dapat masuk ke sekolah HBS adalah orang-orang keturunan Eropa. Namun Minke, selain anak pesohor, juga pribumi yang pandai. Ia sangat piawai menulis.

Nantinya, dalam film yang diadaptasi dari novel Pramoedya Ananta Toer itu akan beradu akting dengan Sha Ine Febrianti sebagai Nyai Ontosoroh, aktris pendatang baru Mawar Eva de Jongh sebagai Annelies, serta Ayu Laksmi dan Donny Damara yang menjadi orang tuanya.

Film Bumi Manusia yang naskahnya ditulis Salman Aristo akan mulai syuting pada pertengahan Juli 2018. Produksi dan pengambilan gambar akan dilaksanakan di dua negara, yaitu Indonesia (Yogyakarta dan Semarang) dan Belanda. (rsa)