FOTO: Mural Penyemarak Ramadan Karya Warga Jagakarsa

Andry Novelino, CNN Indonesia | Senin, 28/05/2018 08:41 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Warga Gang Abdul Jabar, Jagakarsa, punya cara sendiri untuk menyemarakkan Ramadan tahun ini. Mereka bergotong-royong membuat mural yang ciamik.

Tak banyak warga kawasan Gang Abdul Jabar, Jagakarsa, hilir mudik di siang hari. Namun mural karya mereka meramaikan kawasan tersebut terutama di bulan suci Ramadan tahun ini. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Mural menghiasi tembok rumah warga di Gang Abdul Jabar, Minggu, 27 Mei 2018. Selain gambar kreatif masing-masing warga, para seniman di Gang Badul Jabar juga menggambar mural Islami di dinding Gang Abdul Jabar, Kelurahan Jagakarsa, Jakarta Selatan, untuk menyemarakkan Ramadhan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Gambar Gajah yang terlukis dari ide warga untuk menghiasi Gang Abdul Jabar. Gagasan untuk melukis tembok Gang dengan nuansa Islami di gagas oleh seniman lokal gang Abdul Jabar, Saipul Bahri dan kawan-kawan seniman lainnya. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Saipul Bahri dan kawan-kawan senimannya ingin mendobrak pemikiran bahwa karya seni di bulan Ramadan tak melulu kaligrafi atau gambar objek berciri khas Islam. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Kegiatan melukis mural oleh warga Gang Abdul Jabar, biasanya dimulai pada malam hari sampai subuh dan dilakukan secara bergotong-royong. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Banyak objek yang menjadi inspirasi warga dalam membuat mural, namun biasanya mereka mengambil tema-tema dalam kehidupan sehari-hari. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Namun, sejumlah objek untuk digambar juga berasal dari fantasi para warga terutama untuk membuat suasana lebih ceria bagi anak-anak. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Tembok rumah, tembok pagar, dinding di tepi jalan, semua bak kanvas bagi kreativitas warga Gang Abdul Jabar, Jagakarsa. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Saipul Bahri, seniman lulusan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta adalah dalang di balik mural-mural cantik Gang Abdul Jabar. Dalam menciptakan mural ini, ia dibantu pihak RT dan seniman lukis IKJ. (CNN Indonesia/Andry Novelino)