FOTO: Lekuk Tubuh di Relung-relung Kota

Reuters, CNN Indonesia | Sabtu, 02/06/2018 16:51 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Willi Dorner, seniman asal Austria, terobsesi menempatkan tubuh-tubuh manusia pada celah sempit di perkotaan -- suatu alegori bagi kondisi di masa depan.

Para penari berpartisipasi dalam ajang
Dalam tarian itu, para seniman coba mengisi ruang-ruang sempit di suatu kota dengan tubuh mereka -- seolah menirukan manusia yang semakin terdesak beton-beton besar perkotaan. (REUTERS/Ronen Zvulun)
Ini bukan pertama kalinya Willi Dorner menggelar pertunjukkan serupa. Selain di Yerusalem, beberapa tahun lalu ia pernah mengadakannya di Portugal, Austria, Inggris, dan Swedia. (REUTERS/Ronen Zvulun)
Dorner mengatakan ketertarikannya pada ruang dimulai sejak mempelajari soal fenomenologi di bangku kuliah. Ia senang menelusuri keterkaitan antara ruang dengan faktor ekonomi dan politik. (REUTERS/Ronen Zvulun)
Pertunjukan Bodies in Urban Spaces sendiri bermula lebih dari 10 tahun lalu. Pada awalnya, pertunjukan itu merupakan foto-foto dokumenter mengenai tubuh dan ruang. (REUTERS/Ronen Zvulun)
Dalam menentukan ruang-ruang yang akan digunakan untuk tempat pertunjukannya, Dorner biasanya bertanya kepada pemerintah lokal soal gedung yang menarik perhatian wisatawan, ruang berbahaya atau ruang yang sudah mulai ditinggalkan orang. (REUTERS/Ronen Zvulun)
Melalui pertunjukan tersebut, Dorner ingin mengajak penduduk kota untuk memikirkan ulang soal ruang-ruang tempat tinggal mereka, bagaimana sebuah kota selalu berubah. (REUTERS/Ronen Zvulun)
Satu pesan lain yang ingin disampaikan Dorner lewat pertunjukkannya adalah penduduk suatu kota dalam beberapa dekade ke depan akan berlipat ganda dan kita harus mulai memikirkan bagaimana caranya bisa hidup bersama-sama. (REUTERS/Ronen Zvulun)