Berkah Ramadan Iklan 'Kepala Magic Jar' untuk Grup Nasida Ria

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Rabu, 06/06/2018 12:00 WIB
Berkah Ramadan Iklan 'Kepala Magic Jar' untuk Grup Nasida Ria Nasida Ria kecipratan untung dari iklan viral grup kasidah untuk sebuah pusat perbelanjaan. (CNN Indonesia/M. Andika Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mendengar "kerja lembur bagai kuda" kini bukan sekadar membayangkan malam-malam panjang penuh beban di kantor. Berkat iklan sebuah pusat perbelanjaan edisi Ramadan, lirik itu membuat mereka yang telah menonton promosi komersialnya tersenyum dan ikut berdendang.

Lirik itu juga mengingatkan pada sekelompok penyanyi kasidah berbusana kuning dan ungu mencolok yang hadir melantunkannya dengan cengkok 'qalqalah' di sepanjang video iklan.

Iklan itu memang melekat kuat dalam ingatan. Bukan hanya karena lirik dan cara menyanyikannya yang menggelitik, tetapi juga adegan-adegannya yang epik. Mulai pemuda pekerja yang dipalak preman, sampai grup kasidah yang kepalanya muncul dari penanak nasi.



Dengan berbagai unsur ikonis yang diramu secara pas oleh Dimas Djayadiningrat, iklan itu pun membawa berkah tersendiri, tak hanya bagi pusat perbelanjaan yang dipromosikan.

Grup kasidah Nasida Ria mengaku kecipratan untung dari situ. Padahal mereka bukan kelompok yang menyanyi "kerja lembur bagai kuda" dengan cengkok khas itu. Meskipun, di salah satu adegan ada mereka membawa gendang bertuliskan "Qasidah Dia," mirip dengan Nasida Ria.

Bahwa iklan itu membawa untung, diakui oleh manajer Nasida Ria, Choliq Zain. Saat diwawancara oleh CNNIndonesia.com, ia mengaku grup yang dinakhodainya kembali hit.


Kata Choliq, Nasida Ria jadi diundang ke sejumlah televisi swasta belakangan ini. Sampai saat ini, grup asal Semarang itu sudah tampil di kurang lebih 10 stasiun televisi swasta.

"Selain iklan, nama Nasida Ria kembali naik karena meme kasidah. Kan banyak di media sosial yang menampilkan potongan lirik lagu Wajah Ayu Untuk Siapa," kata Choliq lagi.

Nasida Ria merupakan grup kasidah terbentuk pada 1975 di bawah naungan H. Mudrikah Zain, guru mengaji di Semarang. Sampai saat ini mereka sudah merilis 34 album dan membuat lebih dari 400 lagu. Lagu-lagu yang mereka kumandangkan sangat hit, salah satunya Bom Nuklir.


Grup itu sebenarnya memang sempat ditawari tampil di iklan unik yang tengah viral itu.

Dimas menjelaskan, tim casting-nya membuat Nasida Ria menjadi pilihan utama.

Sayang mereka belum berjodoh lantaran jadwal manggung Nasida Ria sangat padat. Hingga akhirnya, grup kasidah lain bernama Nurussyifa yang menjadi bintang iklan tersebut.


"Kalau Nasida Ria mungkin enggak mau menyanyikan lagu lain. Lagu di iklan itu saya yang tulis, liriknya standar kasidah yang berisi nasehat dan realita kehidupan," kata Dimas.

Kata sang otak dari iklan unik, ia memilih grup kasidah tidak asal comot. Nurussyifa yang berasal dari Pancoran, disebutnya memang cocok untuk iklan yang nyeleneh.

"Saya melakukan casting dan ada dua grup kasidah. Nurussyifa ini personelnya asyik-asyik dan 'bocor,' memang itu yang saya butuhkan," kata Dimas kepada CNNIndonesia.com.

[Gambas:Youtube] (rsa)