Chicco Jerikho Angkat Bicara soal Pembunuhan Gajah di Aceh

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Selasa, 12/06/2018 18:48 WIB
Chicco Jerikho Angkat Bicara soal Pembunuhan Gajah di Aceh Chicco Jerikho mendukung petisi yang meminta pemerintah mengusut pembunuhan gajah di Aceh. (CNN Indonesia/Tri Wahyuni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pembunuhan gajah jinak bernama Bunta di Aceh turut menarik perhatian para pesohor di Indonesia. Mereka menyatakan sikap dan ungkapan kesedihan karena pembunuhan sadis yang menyebabkan hilangnya salah satu gading milik gajah tersebut.

Sejumlah selebriti termasuk Chicco Jerikho, Arifin Putra, Wulan Guritno, Baim Wong, Ammar Zoni, Irish Bella, Melly Goeslaw, Putri Marino, Rio Dewanto serta Daniel Mananta pun menuntut diadakannya pengusutan atas kejadian itu, melalui media sosial.

Permintaan pengusutan pembunuhan gajah Bunta dari Conservation Response Unit (CRU) Serbajadi di Aceh Timur pertama digagas oleh ulama perempuan dari Aceh, Teungku Nurhayati. Para selebriti yang peduli pun mengajak penggemar mendukung petisi itu.



Petisi meminta pengusutan kasus pembunuhan gajah Bunta dan meminta pemerintah Indonesia segera merevisi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Keanekaragahayati dan Ekosistem terkait penerapan hukuman yang berat bagi pembunuh satwa. Dalam 24 jam petisi yang dikeluarkan di Change.org itu telah mendapat dukungan lebih dari 7000 orang.

Chicco Jerikho sudah menuliskan dukungannya melalui Instagram Story sejak pekan lalu.

"Buat saya ini tidak bisa dibiarkan, sudah banyak kasus gajah mati dan akhirnya hilang begitu saja, padahal gajah adalah aset negara. Sekarang ini jumlahnya sudah sangat kritis. Perlu ada efek jera bagi para pemburu gading ini," tulisnya pada keterangan.

[Gambas:Instagram]

Bintang Fiosofi Kopi itu mengapresiasi kepala BKSDA Aceh yang segera mengambil tindakan dan menjanjikan hadiah bagi siapa saja yang memberikan informasi tentang pembunuh Bunta.

"Saya berharap DPR juga segera merevisi UU No. 5 Tahun 1990 agar tidak ada lagi Bunta-Bunta lain yang mengalami nasib yang sama," lanjutnya.

Artis peran Baim Wong juga menyatakan kesedihannya.

[Gambas:Instagram]

"Sungguh menyedihkan di bulan Ramadaan ini, kita malah mendapat kabar pembunuhan Bunta, dimana seharusnya adalah ajang memperbaiki diri. Saya berharap pembunuh Bunta segera ditemukan, dan mendapatkan hukuman yang setimpal," katanya dalam siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com.

Dukungan lain disampaikan Wulan Guritno, Arifin Putra, Melly Goeslaw, Putri Marino, Rio Dewanto serta Daniel Mananta dengan mengunggah ulang unggahan WWF.

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Instagram]

Gajah Bunta ditemukan tak bernyawa dengan kondisi mengenaskan. Gadingnya hilang sebelah dan ia penuh darah. Si jantan jinak itu merupakan gajah yang betugas membantu penanggulangan konflik gajah dan manusia di Aceh. Menurut keterangan BKSDA Aceh, dugaan sementara Bunta dibunuh dengan cara diracun.

Kasus itu menarik perhatian banyak pihak karena pembunuhannya disebut sadis.

Sebelumnya, pada 2013 peristiwa serupa juga memicu petisi dan mendapat perhatian masyarakat banyak. Saat itu gajah bernama Papa Genk dibunuh di Sampoinet Kabupaten Aceh Jaya. Tiga tahun setelahnya, ada pembunuhan gajah Yongki di kamp Flying Squad di Lampung.

[Gambas:Instagram]

Perdagangan gading gajah dianggap sebagai pemicu satwa yang terancam punah itu terus diburu. Menurut catatan FKGI selama 10 tahun terakhir, lebih dari 700 gajah mati. Sebagian sengaja dibunuh untuk dicuri gadingnya.

(rsa)