Kisah Ikatan Emosional Ari Lasso dengan Timnas Jerman

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Minggu, 17/06/2018 13:50 WIB
Kisah Ikatan Emosional Ari Lasso dengan Timnas Jerman Ari Lasso mengaku seolah memiliki ikatan emosional dengan timnas Jerman. Oleh karena itu, di Piala Dunia 2018 dia pun mendukung Jerman untuk juara. (CNN Indonesia/Artho Viando)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu penyanyi legendaris Indonesia, Ari Lasso, pun memiliki tim unggulan yang ia jagokan dalam gelaran Piala Dunia 2018 di Rusia saat ini.

Mantan pentolan Dewa 19 yang kini berkarier solo itu menyatakan dia seolah memiliki ikatan emosional dengan timnas Jerman.

"Sepak bola itu seperti cinta, kita tidak bisa mendeskripsikan apa yang membuat kita suka dengan satu tim tertentu. Kalau Jerman menang saya bisa senang banget, kalau kalah bisa kecewa. Mungkin karena ada ikatan emosional dengan Jerman," kata Ari Lasso kepada CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.



Dalam Piala Dunia 2018, Jerman tergabung di grup F bersama dengan Meksiko, Swedia, dan Korea Selatan.

Timnas Panser itu akan mengawali laga perdananya di Piala Dunia 2018 malam ini. Tim asuhan itu Joachim Loew itu akan menghadapi Meksiko di Stadion Luzhniki, Minggu (17/6) malam WIB. Laga tersebut bakal disiarkan langsung Trans TV pada pukul 22.00 WIB.

Ari Lasso berharap Jerman bisa lolos ke final Piala Dunia 2018 dan meraih gelar juara kalimanya di Rusia. Tak hanya itu, melihat kekuatan tradisional sepak bola dunia, ia memprediksi Jerman bakal bertemu dengan tim antara Spanyol, Brasil atau Argentina di partai puncak nanti.

Kunci Permainan Jerman

Ari Lasso mengatakan keunggulan tim Jerman adalah kolektivitas permainan tim. Itu menjadi kunci mereka untuk berupaya memenangkan pertandingan di lapangan hijau. Ia pun menantikan kejutan pemain-pemain bintang baru yang mengejutkan dari timnas Jerman.

"Biasanya pemain dunia kalau pas Piala Dunia agak kempes karena habis di liga. (Lionel) Messi selalu tidak bisa tampil bagus bersama Argentina, (Cristiano) Ronaldo biasanya juga tidak bagus-bagus banget kalau sama Portugal. Biasanya. ada bintang yang tidak terlalu sering main, biasa-biasa saja penampilannya, tapi namanya melejit di Piala Dunia," ungkapnya.


Jerman datang ke Rusia dengan status juara bertahan. Bintang empat disandang timnas Jerman setelah menjuarai Piala Dunia edisi 1954, 1974, 1990, dan 2014.

Pemain-pemain yang menjadi komponen penting Jerman meraih juara dunia empat tahun lalu masih bercokol di dalam tim. Toni Kroos, Thomas Mueller, Mesut Oezil, Sami Khedira, dan Mats Hummels. Mereka akan bahu-membahu dengan pemain-pemain muda seperti Niklas Suele, Julian Brandt, dan Timo Werner. (kid/kid)