Rapper Akon Berambisi Ciptakan Kota ala 'Wakanda'

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Rabu, 27/06/2018 20:11 WIB
Rapper Akon Berambisi Ciptakan Kota ala 'Wakanda' Rapper Akon tengah membangun kota futuristik dengan mata uang digital di Senegal, Afrika Barat. (REUTERS/Youssef Boudlal)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakanda yang digambarkan dalam film Black Panther sebagai negara di Afrika yang berteknologi mutakhir perlahan 'muncul' di kehidupan nyata. Rapper Akon tengah membangun kota futuristik dengan mata uang digital di Senegal, Afrika Barat.

Situs resmi proyek kota kripto yang digagas Akon, AKoin, menyebutkan di kota itu hanya berlaku mata uang digital yang disebut AKoin. Mata uang itu juga merupakan dasar untuk membangun AKoin Ecosystem, sebuah proyek keuangan digital.

Melansir CNN, kota kripto itu dibangun pada lahan seluas 809 hektare. Akon menghibahkan tanah itu kepada Presiden Senegal Macky Sall.



Wilayah itu hanya berjarak lima menit dari Airport International Blaise-Diagne, Afrika Barat, bila menggunakan mobil. Peluncuran kota yang masih dalam pembangunan itu direncanakan pada awal Juli mendatang.

Musisi berusia 45 tahun ini akan menjalankan mata uang digital AKoin dengan teknologi blockchain. Menurutnya, teknologi blockchain akan membuat masyarakat Afrika tidak terlalu bergantung dengan pemerintah.

"Saya rasa blockchain dan mata uang digital bisa menjadi penyelamat bagi Afrika dengan berbagai cara, karena itu memberikan kekuatan kepada manusia," kata Akon.

Belakangan, rapper asal Amerika yang berdarah Senegal itu memang lebih terlihat sebagai pengusaha ketimbang musisi. Sebelumnya, ia membuat usaha bernama Akon Lighting Africa yang menyalurkan tenaga surya ke negara-negara Afrika.

(res)